Headline Opini Tips/ Tutorials

13 Kemampuan yang Bisa Diasah Dengan Bermain Board Game

Bagikan:

7. Pengetahuan

Board game yang mengandalkan trivia biasanya fokus pada pengetahuan. Seperti card game Bhinneka, yang mengajak pemain untuk memahami suku-suku di Indonesia. Semakin sering bermain pemain akan semakin paham, dan secara tidak langsung pengetahuan tentang suku-suku di Indonesia akan tertanam di benak pemain.

Bermain The Festivals bisa menambah pengetahuan tentang festival-festival budaya unik di Indonesia

Sebenarnya tidak hanya board game bertipe trivia, kebanyakan board game yang tematik plus mengambil latar sesuai dengan sejarah yang ada akan menambah pengetahuan para pemainnya. Bermain The Art of Batik membuat pemain memahami proses membatik dan jenis-jenis batik Solo. Sedangkan bermain The Festivals secara tidak langsung memberikan informasi kekayaan dan eksotisme alam di Indonesia lewat festival-festival budaya di tanah air.

8. Bercerita

Tidak semua orang pandai merangkai kata dan bercerita. Tapi dengan bermain (apa lagi karena tidak mau terlihat payah), pemain akan mencoba memaksimalkan imajinasinya dan mulai bercerita. Game-game seperti DiXit cukup populer karena adanya unsur mendongeng di dalamnya.

Ketika bermain cerita, pemain ditantang tidak hanya agar lebih kreatif tapi juga pandai berimprovisasi. Board game yang bagus adalah ketika permainan yang memiliki cerita atau narasi. Menceritakan narasi tentang permainan sebelum memulai bermain akan membantu pemain menikmati permainan.

9. Melucu

Beberapa orang sengaja main board game untuk mencari pengalaman ber’haha-hihi’ dengan grup atau temannya. Memenangkan permainan mungkin bukan lagi tujuannya. Bukan berarti permainan harus lucu dan humoris, tapi ketika bermain terjadi hal-hal konyol dan memecahkan tawa, itulah esensi dari game humor.

Membuat cerita lucu dalam Alkisah

Kakak Teladan: Episode Belanja dan Alkisah dibilang sukses sebagai game humor, karena hampir mustahil setiap kali sesi bermain tidak ada yang tidak tertawa. Game-game penuh cerita juga bisa dijadikan humor, hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya. Sering bermain board game yang mengundang tawa mungkin bisa membuatmu jadi lebih humoris.

10. Menggambar

Inilah serunya board game, meskipun ada board game yang meminta para pemainnya untuk menggambar sesuatu, pemain ini tidak harus jago gambar dan kuliah di jurusan DKV. Bermain Captain Sonar atau Doodle Rush tidak memerlukan kemampuan menggambar yang bagus kan?

Baca juga: Doodle Rush: Tebak Menebak Gambar Semrawut yang Seru [Review]

11. Logika

Berlogika sebenarnya merupakan turunan dari Sistem Analisis di poin no. 5 di atas. Berlogika sering kali muncul di depan ketika pemain mulai memahami cara kerja atau mekanik permainan. Misalnya ketika bermain The Festivals, untuk bergerak ke Papua butuh empat langkah, karena cuma punya tiga tiket jadi mustahil pergi ke sana.

Kebanyakan game sebenarnya menghadirkan cara berpikir logika dengan tidak sengaja. Hanya saja berlogika sangat membantu untuk mengambil langkah yang paling gampang (meskipun tidak menguntungkan).

12. Penalaran Spasial

Carcassonne menghadirkan kepingan yang dibutuhkan pemain untuk memperluas wilayahnya. Setiap kepingan bisa berarti poin, bahkan untuk lawan. Oleh karena itu pemain harus dengan cepat mengetahui tempat di mana si kepingan akan diletakkan.

Penalaran Spasial muncul ketika ada suatu lokasi atau celah yang menjadi penting saat berhubungan dengan hal lain. Carcassonne adalah salah satu game yang mampu mengasah penalaran spasial dalam bentuk 2D, dan Junk Art untuk permainan 3D.

13. Negosiasi.

Kalau kamu tipe orang yang pendiam dan ingin mencoba lebih membuka diri. Cobalah bermain board game dengan mekanik tawar-menawar atau negosiasi.

Kebanyakan permainan yang mengandalkan negosiasi mengharuskan kamu dan pemain lain untuk bertukar informasi, menawarkan apa yang kamu punya untuk apa yang kamu inginkan dari pemain lain. Jika tidak melakukan negosiasi, hampir dijamin kamu akan kalah.


Bagaimana? Ternyata ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dan kamu asah lewat bermain board game kan? Ada kemampuan lain yang menurutmu bisa dimahirkan dengan bermain board game?

Sumber: makethemplay.org

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!