Opini

3 Alasan Yang Membuat “Hoki-Hokian” Disukai dan Dibenci

Bagikan:

Ketika bermain game sudah pasti kita akan merencanakan sebuah strategi tertentu untuk meraih kemenangan. Sayangnya terdapat berbagai board game dan video game yang memiliki sistematika “randomness” atau “hoki-hokian” di dalamnya, yang bisa membuat kamu tiba-tiba menang, atau bahkan kalah.

Meskipun “randomness” ini sangat lumrah terdapat di berbagai board game, tapi banyak sekali yang menyukai atau membenci sistematika tersebut. Sebenarnya apa saja sih alasan yang membuat mereka membenci dan menyukai sistematika “randomness” ini? Yuk kita simak!

1. “Randomness” Bisa Merubah Ketepatan Strategi

Mungkin kamu sudah bersusah payah berpikir untuk menyusun strategi yang begitu mantap, akan tetapi hanya gara-gara satu faktor yaitu pengacakan akhirnya strategi kamu malah kacau balau. Hanya saja, di satu sisi “randomness” bisa saja menjadikan strategi kamu yang tidak begitu matang atau hanya bermain bermodalkan “hoki”, maka kamu bisa memiliki kesempatan menang yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, randomness juga bisa merubah alur permainan lebih cepat atau bahkan lebih lama. Strategi yang ditujukan untuk jangka panjang atau jangka pendek belum tentu akan selalu efektif.

2. “Randomness” Seakan Menunjukkan Ketidakadilan

Apakah kamu sudah jago dalam bermain sebuah board game atau video game? Hal tersebut belum tentu memberikan jaminan bahwa kamu akan selalu memenangkan permainan. “Randomness” bisa saja akan memberikan hasil yang tidak adil. Seorang newbie bisa menang dalam permainan mengalahkan para pemain yang sudah mahir.

Meskipun begitu, dengan hal tersebut bisa menjadikan orang-orang lebih tertarik untuk ikut bermain, karena tidak perlu menjadi jago terlebih dahulu untuk bermain dan mengalahkan para pemain yang sudah mahir. Hal tersebut bisa menciptakan sebuah keterikatan untuk orang-orang dalam bermain.

3. “Randomness” Memberikan Ketidakpastian

Mungkin banyak yang membenci “randomness” karena memberikan ketidakpastian dalam bermain. Meskipun begitu, terkadang ketidakpastian tersebut justru memberikan sebuah hikmah tersendiri, dimana ternyata kamu akan mendapatkan sebuah hadiah yang justru akan menguntungkan kamu dalam bermain. Layaknya seorang yang akan diberikan kejutan ketika sedang berulang tahun, ketika awalnya diisengi oleh teman-temannya, akan tetapi di akhir-akhir dia mendapatkan hadiah yang sangat membuat hati gembira.

“Randomness” seakan memberikan sebuah pelajaran, bahwa di dalam kehidupan tidak hanya faktor manusia lah yang menentukan masa depan. Akan tetapi, terdapat Tuhan yang menggerakan arah kehidupanmu yang justru mengarahkan kepada jalan yang lebih baik.

 

Kamu sendiri cenderung menyukai adanya “Randomness” di suatu game atau justru membencinya? Yuk share!

 

Baca juga:

Mekanik 101: Mengenal Mekanisme Tile Placement Siapa tak kenal Carcassonne? Tentu saja banyak yang mengenalnya, tapi bukan itu yang akan kita "obrolin". Board game yang berasosiasi dengan nama sala...
Mekanik 101 : Fitrah Manusia dalam Set Collection Manusia terlahir dengan hasrat menjadi kolektor. Ibu-ibu mengkoleksi perabotan, anaknya mengkoleksi mantan, bapaknya mengkoleksi cara pandang orang (e...
Mekanik 101 : Menantang Ingatan dengan Mekanik Memory Aktivitas mengingat seringkali menjadi momok. Amat sulit mengumpulkan keteguhan hati untuk sekedar merapal rumus fisika, apalagi jika Induk semang sud...
Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.