Opini

3 Hal Ini Perlu Kamu Lakukan Dalam Bermain Game Untuk Menjaga Etika

Bagikan:

Etika adalah sebuah sesuatu yang mempelajari tentang nilai yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Sejak kecil, kita tentu saja sudah diajarkan tentang etika, baik dari orang tua maupun dari sekolah.

Nah teman-teman gamer, bagaimana jika kita sedang bermain game? Apakah ada etika juga di dalamnya? Tentu saja, mau dimanapun kita wajib melaksanakan etika. Sikap kita dalam bermain game itu adalah cerminan kita dalam kehidupan sehari-hari.
Terus apa saja etika yang perlu kita lakukan ketika sedang bermain game? Yuk kita simak!

1. Jangan Menyakiti Lawan

Kita bermain game bertujuan untuk having fun. Bagaimana orang lain yang ikut bermain game bisa having fun jika mereka merasa tersakiti oleh tingkah kita yang menyebalkan? Oleh karena itu, janganlah melakukan hal yang bisa menyakiti lawan bermain seperti mengejek, merendahkan dan lain sebagainya. Mungkin jika bermain game sendirian, baik board game maupun video game, hal ini tidak akan berlaku. Akan tetapi, hal ini berlaku untuk permainan yang juga melibatkan orang lain di dalamnya. Apalagi kebanyakan board game harus dimainkan bersama-sama.

2. Menang dan Kalah Itu Biasa

Dalam sebuah permainan, menang dan kalah itu hal yang biasa. Kita tidak perlu melakukan tindakan yang menunjukkan ingin menang sendiri. Lakukan saja strategi yang bisa memberi kita kesempatan untuk menang lebih besar, bahkan dengan hal itu kita bisa lebih kreatif dan cermat dalam bermain game yang bisa memberi kita kesempatan menang lebih besar.

3. No Cheat Man!

Ingat! Dalam bermain game dilarang sekali untuk berbuat curang (cheating). Hal ini selain membuat permainan tidak seimbang, juga akan membuat kita terlihat rendah di mata para gamer. Oleh karena itu, hindari bermain secara curang.

Nah, itu lah beberapa etika ketika kita sedang bermain game, apakah ada hal lain yang menurut kamu penting dalam etika bermain game? Yuk share!

 

Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.