Opini

4 Board Game Yang Sering Dimainkan Waktu Sekolah

Bagikan:

Terkadang kita selalu berpikir bermain board game pasti identik dengan dadu, kartu, dan bidak. Padahal kita bisa memainkan atau bahkan membuat board game sendiri hanya dengan modal kertas dan pensil/pulpen.

Sadarkah kamu, sebenarnya kita sering memainkan board game ketika waktu SD sampai SMA? Tentu saja board game tersebut tidak hanya ular tangga atau monopoli, melainkan kita buat sendiri dengan modal kertas dan pensil/pulpen. Game apa sajakah itu? Yuk kita simak!

1. Paper War Game

Sesuai namanya, game ini bertemakan perang-perangan. Kertas dilipat hingga menjadi dua sisi bagian. Kamu dan lawan main, masing-masing menggambar pasukan di bagian sisi yang telah dibagi. Lalu bagaimana cara memainkannya? Caranya adalah kita menembak dengan cara menggambar bulatan kecil tebal dengan pulpen, setelah itu kertas dilipat tertutup dan bagian bulatan digosok hingga meninggalkan bekas di sisi lainnya. Jika bulatan tersebut mengenai pasukan lawan main, maka pasukan lawan main akan berkurang satu, begitupun sebaliknya. Setiap giliran hanya diberi satu kesempatan menembak, lalu ganti giliran. Pemain akan kalah jika pasukannya telah habis.

Bersiaplah-untuk-Perang-Belajar-Konsep-Pencerminan-dari-Permainan-Menembak-Eko-Siprapua-3

2. Paper Races

Sesuai namanya juga, game ini bertemakan balapan. Cara memainkannya kita menggambar trek balapannya terlebih dahulu. Lalu kita menggambar kendaraan kita untuk balapan (bentuk bebas, hanya bentuk lingkaran kecil juga bisa). Setelah itu kita menaruh pensil secara tegak dengan menahan ujung atas pensil dengan jari telunjuk. Setelah itu dengan kekuatan jari telunjuk, kita gerakan pensil tersebut ke arah mengikuti trek balapan. Disini yang seru, jika kita keluar jalur, maka kita akan terkena penalti tidak dapat giliran satu kali. Siapa yang bisa sampai ke garis finish, dialah yang menang.

balap-coretan2

3. SOS

SOS adalah game yang sangat simpel karena game-nya bergenre puzzle. Kita dengan lawan main kita hanya menyusun huruf hingga membentuk kata “SOS”. Kata tersebut bisa terbentuk secara horizontal, vertikal atau bahkan diagonal. Siapa yang paling banyak bisa membuat kata “SOS” paling banyak, dialah yang menang.

sos-boardgame

4. Catur Jawa

Catur Jawa cara memainkannya sangat mudah. Konsepnya mirip dengan game Tic-Tac-Toe, yaitu menyusun bidak kita agar tersusun lurus secara horizontal, vertikal atau diagonal. Cara memainkannya secara bergiliran kita menggeser bidak kita agar tersusun tegak lurus. Siapa yang berhasil menyusun duluan, dialah yang menang.

catur jawa

Board game tersebut tentu saja hanya sebagian saja yang pernah dimainkan di atas kertas. Sebenarnya masih ada lagi beberapa board game yang bisa dibuat dan dimainkan di atas kertas. Kamu pernah memainkan jenis board game lainnya yang sejenis di atas? Yuk share!

Baca juga:

Indonesia di Serious Game Conference 2015 Serious game didefinisikan sebagai permainan yang dirancang untuk dampak selain hiburan semata. Studi dan implementasi serious game dalam beberapa tah...
Surat dari T1: Board Game dan Proses Pembelajaran Yang Lebih Manusiawi John Hunter - Proses Pembelajaran (World Peace Game) | Foto: humanium.org Pada sekitar tahun 1906 Elizabeth Magie, seorang penulis, reporter, dan ...
Surat dari T1: Hadirkan Lebih Dari Sekedar Media Hiburan Satu hari di sekitar tahun 1902, Elizabeth Meggie menghadirkan sebuah board game berjudul "Landlord Game". Game ini didesain untuk memberikan pemahama...
Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.