Momen main board game
Opini

Hati-Hati! 4 Hal Ini Bisa Mengancam Kondisi Board Game Koleksimu!

Bagikan:

Layaknya barang-barang pada umumnya, pasti ada perubahan kondisi seiring dengan berjalannya waktu. Besi bisa berkarat, makanan bisa menjamur, atau yang paling sering yakni terkena debu. Begitu juga dengan board game yang kamu miliki di rumah ataupun koleksi di board game cafe, kondisi mereka lama-lama akan berubah.

Berubahan kondisi ini memang tak terhindarkan karena pasti akan terjadi. Hanya saja, ada empat hal yang musti kamu hindari jika kamu tidak ingin board game kesayanganmu menjadi rusak lebih cepat daripada seharusnya.

Cahaya Matahari

Seperti poster-poster yang terpampang di mading sekolah atau kampus, jika sering terkena sinar matahari langsung warna poster ini akan memudar dan memucat. Board game juga, oleh karena itu jangan sampai kamu menyimpannya persis di dekat jendela atau ventilasi tempat masuknya sinar matahari.

Alternatifnya, bisa saja kamu membeli kaca film UV untuk melapisi kaca di jendelamu.

kondisi warna berubah
Warna box memucat | Foto: Boardgamegeek

Kelembaban

Jangan kira kotak board game-mu akan aman-aman saja terhadap kelembaban. Jika kotak permainan disimpan di lingkungan yang lembab, papan dan kotak bisa melengkung lho!. Jadi meletakkan koleksimu di rak adalah suatu kewajiban.

Kenapa? karena keberadaannya di dalam rak akan menjauhkan kontak langsung box board game dengan lantai yang memiliki kelembaban cukup tinggi. Alternatif lainnya, untuk memastikan kotakmu tetap kering simpanlah koleksimu di ruang bawah tanah. Atau, rutinlah mengganti silica gel agar board gamemu tidak apek dan tentu belilah dehumidifier seperti serap air.

Cara Menyimpan

Ada dua tipe board gamer dalam menyimpan koleksi mereka di dunia ini: Mereka yang menyimpan box secara horizontal (ditata ke samping) dan mereka yang menyusun box dengan cara menumpuknya (vertikal). Tim gaya simpan horizontal pasti akan mengatakan, board game dan segala isi dalamnya akan mudah tumpah. Sedangkan mereka yang pro simpan vertikal justru berpendapat jika ditumpuk secara horizontal box akan mudah penyok.

Gaya vertikal | Foto: boardgamegeek

Tipe manapun yang kamu pilih, kamu tetap harus cermat. Jika ingin ditumpuk, tumpuklah dengan bijak. Jangan sampai box yang kecil, apalagi tipis berada di paling bawah. Jika kamu memilih untuk menyimpannya di susun menyamping, baiknya jangan buang papan bekas token alias punch board! Letakkan punch board di bagian paling bawah di dalam box.. Mereka akan sedikit mengangkat tray atau insert yang ada di dalamnya, mengeliminasi celah atau ruang kosong di dalam box. Bisa juga kalau kamu punya tabungan lebih, buat atau belilah custom insert.

Temanmu

Ya! Dari segala ancaman di atas, manusialah yang paling mengancam keutuhan board game-mu. Meski board game sangat menyenangkan dimainkan bersama dengan teman-teman. Tetapi kamu juga baiknya menyeleksi dengan siapa kamu bermain. Jangan sampai teman mainmu ini tukang melengkungkan kartu atau melakukan jurus yang belum dipelajari oleh avatar sang pengendali empat elemen, yaitu card bending!

Card bending | Foto: pokerinabc

Hindari juga mereka yang ceroboh seperti makan cemilan sambil bermain yang sangat bisa dipastikan akan meninggalkan jejak remah makanan di komponen. Gunakan juga meja yang cukup lebar untuk menjauhkan makanan dan minuman agar tidak tumpah juga ke komponen. Jika minum-minuman dingin, gunakan juga alas di bawahnya agar air tidak merembes.

Oh ya, kamu mungkin juga perlu belajar cara mengocok kartu yang baik. Solusi terakhir, kalau kamu sultan, belilah dua kopi game yang sama. Satu untuk dimainkan, satu untuk disimpan, dipajang dan tidak perlu sampai kamu buka plastik boxnya.

sumber: meeplemountain.com

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!