Opini

4 Hal Positif dari Permainan Catur

Bagikan:

Catur adalah satu judul board game yang berusia tua. Generasi tertua dari permainan ini ditemukan di India di abad ke-6, dengan nama Chaturaṅga (empat sudut). Permainan Catur kemudian berkembang hingga ke seluruh dunia, bahkan telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga.

Permainan Catur sangat sederhana, dan mudah dilakukan. Saya yakin, kamu semua pasti tahu cara bermain Catur kan? Tapi di balik kesederhanaannya itu, Catur membawa banyak komplikasi yang memaksa pemain memutar otak untuk menang. Walau ada banyak hal yang bisa dipetik dari satu permainan legendaris ini, berikut ini adalah empat pelajaran dasar yang Catur ajarkan:

1. Catur Mengajarkan Kesabaran

Catur pada dasarnya adalah game yang sederhana. Tapi sebenarnya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menguasainya, kecuali kamu seorang Bobby Fischer. Strategi yang kompleks dan taktik yang dibutuhkan untuk tampil di tingkat ahli tidak terjadi dalam semalam.

2. Catur Mengajarkan Kecermatan

Kamu pernah menang atau kalah dalam permainan Catur hanya karena satu kesalahan kecil? Atau mungkin arah permainan yang tiba-tiba berbalik hanya dalam 1 gerakan kecil sebuah pion? Catur, bahkan pada tingkat yang paling amatir, sebenarnya adalah permainan yang sangat mendetail.

Kuncinya adalah untuk “melihat” permainan secara menyeluruh, bukan hanya memainkannya. Setiap langkah dalam Catur memiliki konsekuensi kepada permainan. Karena itu menjadi penting untuk menghabiskan beberapa menit melihat situasi yang terjadi di atas papan permainan. Terburu-buru dalam permainan hanya akan berakibat pada masalah besar di langkah selanjutnya.

Seperti Catur, salah satu kunci keberhasilan dalam kehidupan adalah menjaga mata kamu untuk tetap awas dan memperhatikan hal-hal kecil. Ini yang akhirnya memisahkan antara good dengan great.

3. Catur Mengajarkan Pemecahan Masalah

Catur bukanlah sebuah permainan yang bisa dimenangkan dengan pendekatan dan gerakan acak. Permainan Catur itu seperti puzzle, butuh langkah-langkah tertentu dan strategi untuk bisa memenangkannya. Ada saat-saat tertentu di mana kamu harus bermain all-out, mengeluarkan semua senjata yang kamu miliki. Ada kalanya pula kamu harus bermain taktis, dan mungkin menyerang tiba-tiba. Dalam tiap game, selalu terjadi situasi yang berbeda. Mencari strategi yang paling tepat adalah tantangan yang sebenarnya.

4. Catur Mengajarkan Berpikir ke Depan

Salah satu kesalahan umum pada pemain Catur pemula adalah bermain hanya untuk saat ini, tanpa benar-benar menyiapkan rencana yang komprehensif. Mereka akan melihat sebuah langkah yang terlihat bagus, dan kemudian mengambil tindakan segera. Tanpa sadar mungkin di 5 langkah selanjutnya bidak-bidaknya dalam posisi yang berantakan.

Seorang pemain Catur berpengalaman tahu bahwa kesuksesan dimulai dengan mengatur serangan. Bahkan, seorang pemain Catur profesional memiliki strategi yang sudah direncanakan sejak sebelum memulai permainan. Sederhananya, pemain yang berpikir 6 langkah ke depan akan mengalahkan pemain lain yang berpikir 5 langkah ke depan.

Catur adalah media ajar yang luar biasa, karena kesederhanaannya memungkinkan kita untuk mempelajari beberapa hal penting dalam kehidupan. Gamers, punya hal positif dari permainan Catur versi kamu?

Sumber: Big Fish Blog

Baca juga:

9 Fakta Unik Mengenai Catur Sebelumnya kita telah mengetahui, bagaimana sejarah adanya board game catur. Dalam permainannya, catur mengandalkan analisa dan ketajaman otak pemain,...
Bermain Catur Lebih Keren di Battle Chess 3 Ada yang hobi bermain catur? Board game yang menjadi olahraga resmi ini memang melatih kita dalam mengatur strategi. Mengajarkan bahwa banyak kemungki...
Bagaimana Sejarah Adanya Board Game Catur? Soal negara asal catur, masih ada silang pendapat. Menurut H. J. R. Murray, penulis buku History of Chess (1913), catur berasal dari India dan mulai a...
Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.