Opini Tips/ Tutorials

4 Tips Mudik Ala Board Gamer

Bagikan:

Mudik sudah menjadi tradisi budaya yang melekat dibenak masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman masing-masing dikala libur lebaran. Setiap orang yang mudik pasti memiliki gaya masing-masing. Ada yang bawa oleh-oleh makanan, ada yang bawa baju baru, ada juga yang koleksi board gamenya dibawa pulang ke kampung halaman. Setidaknya, hal itu yang dilakukan oleh beberapa board gamer seperti penulis. Alasan utama mengapa perlu membawa board game tentu agar nanti bisa dimainkan bersama keluarga dan kerabat.

Membawa board game ketika mudik itu bisa sangat beresiko, box bisa penyok karena berdesak-desakan, dan juga menghabiskan area penyimpananmu di dalam tas. Oleh sebab itu, penulis ingin sedikit berbagi tips mudik ala board gamer agar kamu tidak kewalawan membawa board game.

1. Bawa saja board game yang kecil

Kebanyakan board game berukuran cukup besar (big box), seperti Catan, 7 Wonders, Ticket to Ride dan lainnya. Bawa dua judul itu saja sudah sangat makan tempat. Jadi, ada baiknya kamu beralih untuk bawa game-game yang kecil saja (small box), seperti Hanabi, Coloretto, Love Letter, Zombie Dice, Resistance, Coup atau yang lain. Ada banyak kok box yang ukurannya kecil dan ramah di kantong.

2. Cari board game edisi perjalanan

Game-game yang populer biasanya memiliki travel edition, tentu edisi yang satu ini memiliki ukuran lebih kecil dari edisi originalnya. Beberapa game seperti Catan Traveler, Carcassonne Travel, Hive Pocket dan Mr. Jack Pocket mungkin bisa menjadi solusi untuk menghemat tempat bawaanmu.

tips mudik
Carcassonne Travel | Foto: boardgamegeek.com
tips mudik catan traveler
Catan Traveler – Compact Edition | Foto: boardgamegeek.com

3. Board game di dalam board game

Tips ketiga ini sangan ampuh untuk bisa membawa beberapa game big box tanpa harus kehabisan tempat. Caranya adalah dengan mengeluarkan insert atau sekat yang ada di dalam board game. Biasanya, game big box miliki banyak area kosong di dalamnya, dengan membuang insert area kosong akan menjadi makin banyak. Area kosong ini bisa kamu gunakan untuk diisi dengan box board game lain. Bila box board game lain ini juga memiliki insert dan banyak area kosong, bisa diisi lagi dengan board game yang lain lagi dan begitu seterusnya sampai dirasa cukup. Penulis melakukan ini dan berhasil memasukkan 6 game dalam satu box.

Bisa juga, box board game lain tidak perlu dimasukkan cukup ambil board, kartu dan komponen lainnya saja. Tentu jangan sampai overload ya! atau jangan sampai memaksakan memasukkan board game yang melebihi ukuran box utamanya.

4. Beli tas board game

Beberapa waktu lalu ada proyek tas board game di kickstarter, namanya The Game Canopy. Tas jenis ini telah didesain sedemikian rupa agar muat mengangkut beberapa big box game. Bila kesulitan mendapatkannya kamu bisa coba menggunakan cargo/storage bag. Kamu tinggal menyesuaikan dengan ukurannya.

Bagaimana ? Kamu punya tips lain untuk membawa pulang banyak board game ke kampung halaman ? Berapa banyak board game yang bisa kamu bawa ketika mudik ?

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!
  • Dany Dakukuc Aditya

    Mungkin bisa juga dengan tidak membawa Boxnya (kadang-kadang malah tidak perlu membawa rulebooknya). Mengganti boxnya dengan container yang memiliki banyak ruang didalamnya. Kontainer ini kadang-kadang bisa di isi beberapa boardgame :).