Kabar Game

5 Board Game Bertema Kepahlawanan yang Kamu Harus Coba

Bagikan:

Bulan November sangat identik dengan tema kepahlawanan di Indonesia. Tentu saja hal ini tidak terpisahkan dengan tanggal 10 November yang dirayakan sebagai Hari Pahlawan, sebuah penghargaan sekaligus pengingat atas epos para pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk berdirinya Republik Indonesia.

Kisah kepahlawanan ini jelas merupakan salah satu komoditas paling berharga di industri board game, banyak judul yang mengangkat heroisme di seluruh dunia. Artikel ini akan membahas beberapa contoh board game bertema kepahlawanan. Silahkan tentu saja tambahkan di kolom komentar jika ada list board game yang kamu rasa cocok untuk ada di dalam list ini.

1.Advanced Squad Leader

Advanced Squad Leader Gambar: boardgamegeek.com
Advanced Squad Leader
Gambar: boardgamegeek.com

Advanced Squad Leader (ASL) tergolong kategori wargame yang sangat fleksibel utamanya dalam aspek tantangan serta skenario. Ya, di dalam ASL kamu bisa memainkan banyak modul yang mengangkat palagan Perang Dunia II dalam format board game. Salah satu contoh modul yang direkomendasikan bagi para pemain pemula adalah Beyond Valor yang memiliki banyak skenario dari konflik antara tentara Jerman dan Rusia era 1939-1945.

Karena fleksibilitasnya ASL dapat mengangkat kisah perang yang manapun dalam era tersebut, dari skenario berbasis pasukan berisikan 10 orang hingga kelas batalion. Dari pasukan bersenjatakan senapan otomatis, bazooka, tank, paratrooper, serangan pantai dan lainnya. Dituliskan di laman ASL di BoardGameGeek meski hanya bisa dimainkan 2 pemain, setiap skenario menawarkan waktu bermain yang sangat bervariasi tergantung kompleksitas. Setidaknya berkisar antara 120 hingga 18.000 menit. Beberapa skenario sangat menggambarkan heroisme sehingga permainan ini masuk ke dalam daftar board game bertema kepahlawanan yang saya sarankan untuk dicoba.

2.God’s Playground

God's Playground  Gambar: boardgamegeek.com
God’s Playground
Gambar: boardgamegeek.com

Didasarkan pada buku berjudul sama yang ditulis oleh Norman Davies, God’s Playground merupakan sebuah board game yang mengangkat sejarah negara Polandia. Dengan jumlah pemain hanya 3 orang (tidak bisa kurang atau lebih) God’s Playground mengisahkan era dimana Polandia dikepung oleh banyak suku bangsa yang siap menjajah bangsanya seperti Tartar, Turki Ottoman, Rusia, hingga keluarga Hapsburg dari Jerman-Austria.

Permainan yang dirancang oleh Martin Wallace ini memiliki filosofi yang sangat dalam. Memerankan tokoh terkemuka dari klan ternama di Polandia, setiap pemain tidak hanya berusaha mengusir penjajah yang datang ke tanah mereka, namun juga harus menghabisi klan lain yang juga sedang sama-sama berjuang. Ini adalah salah satu contoh permainan yang sangat menggambarkan peliknya perjuangan merebut kemerdekaan jika para pejuang tidak pernah bekerja sama satu sama lain.

3.B-17 Queen of the Skies

B-17: Queen of the Skies Gambar: boardgamegeek.com
B-17: Queen of the Skies
Gambar: boardgamegeek.com

Pertempuran tidak hanya terjadi di medan daratan. B-17 adalah salah satu board game yang mengangkat palagan PDII dari pertempuran udara. Mengisahkan tentang pertempuran udara serta misi pengeboman yang dilakukan B-17 (tipe F) dari skuadron kedelapan Amerika Serikat permainan ini bisa dimainkan oleh satu hingga dua pemain. Papan permainan akan menunjukkan target pengeboman dan pesawat musuh, sementara akan ada chart terpisah untuk indikator ketepatan dan dampak serangan. Selama permainan berjalan, pemain akan dibombardir oleh pesawat fighter dari Jerman yang akan mencegah misi pengeboman oleh kru B-17.

4.Hannibal

Hannibal Board Game Gambar: boardgamegeek.com
Hannibal Board Game
Gambar: boardgamegeek.com

Jelas, nama besar Hannibal mengajak kita untuk kembali ke masa 200 tahun sebelum Masehi untuk menyaksikan peperangan akbar Hannibal dari Kartago (Chartage) dengan Republik Roma. Pemain akan kemudian memilih salah satu diantara kedua kubu tersebut dalam permainan berdurasi sekitar 40 hingga 200 menit. Dalam permainan ini, pemain akan mengutilisasi banyak tipe strategi dan perintah seperti memindahkan para jendral, mengumpulkan dan memperkuat pasukan, menguasai daerah-daerah melalui peta politik atau bahkan menciptakan peristiwa sejarah.

Hannibal memperoleh beberapa penghargaan salah satunya pemenang penghargaan Golden Geek untuk kategori 2 Players Game, serta untuk kategori Wargame di tahun 2008 membuatnya masuk ke dalam daftar board game bertema kepahlawanan .

5.Mahardika

Mahardika Board Game Gambar: manikmaya.com
Mahardika Board Game
Gambar: manikmaya.com

Rasanya kurang pas tentunya mengangkat tema kepahlawanan tanpa menyertakan board game lokal yang mengusung tema perjuangan kemerdekaan. Mahardika board game yang dirilis tahun 2015 ini oleh Manikmaya Games merupakan permainan kooperatif yang mengajak seluruh pemainnya memerankan para tokoh Pahlawan Nasional dan berjuang bersama untuk mendirikan Republik Indonesia. Para tokoh yang bisa dimainkan antara lain Ki Hajar Dewantara, Jenderal Sudirman, Sukarno, Tan Malaka, Hatta, Sjahrir, dan Setiabudhi.

Dalam Mahardika pemain akan dihadapkan kepada beberapa pilihan. Melakukan mobilisasi ke daerah-daerah, membebaskan daerah yang sedang diduduki oleh tentara penjajah, membuka blokade militer, atau menjalankan pergerakan-pergerakan nasional yang akan berpengaruh langsung ke objektif permainan. Mahardika dirancang oleh Rio Fredericco yang juga mewakili Indonesia di Essen SPIEL 2014 di Jerman.

 

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com