Kabar Game

Hati-Hati! 5 Board Game Ini Bisa Bikin Kamu Bertengkar Sama Teman-Temanmu

Bagikan:

Tahukah kamu bahwa tanggal 6 Agustus kemarin bertepatan dengan perayaan International Friendship Day atau Hari Persahabatan Internasional? Jadi penasaran deh, kegiatan apa yang sering kalian lakukan bersama sahabat-sahabatmu? Berolahraga? Atau jalan-jalan di mall?

Bagi kamu yang ingin mengajak sahabat untuk melakukan kegiatan penuh tantangan, tak ada salahnya mencoba yang satu ini. Ya, bermain board game! Akan sangat menyenangkan jika bisa menyelesaikan aneka board game menarik bersama sahabat, bukan?

Nah! tentu ada banyak sekali judul board game yang bisa kamu mainkan bersama teman dekatmu. Akan tetapi kamu harus bisa memilih game yang tepat? Salah pilih, malah bisa membuat kalian bertengkar. Berikut boardgame.id memberikan 6 judul board game yang bisa jadi malah membuat kamu dan teman-temanmu bermusuhan.

  1. Werewolf (1986)

Yakin temanmu adalah orang yang “baik”? Werewolf bisa membuktikannya. Di sini, seluruh pemain berperan sebagai penduduk desa – beberapa di antaranya adalah werewolf yang siap menerkam satu penduduk setiap malam. Tugasnya sederhana: musnahkan werewolf dan permainan berakhir dengan cara musyawarah dan voting. Tapi, apakah sahabatmu adalah salah satu dari mereka?

Werewolf bisa membuat bertengkar
Gambar: beziergames.com

Bergenre deduksi, game ini didesain oleh Dimitry Davidoff dan Andrew Plotkin. Satu permainan berdurasi 60 menit dan idealnya dimainkan oleh 8-24 pemain. Oh ya, game ini juga bisa dimainkan di aplikasi Telegram, lho.

Sayangnya, game ini kurang cocok dimainkan bersama teman yang punya sifat pendendam. Bisa jadi karena temanmu ini kesal dengan salah satu pemain lainnya, dia secara subyektif akan memberikan votingnya untuk orang yang dia kesali.

  1. Twilight Imperium (1997)

Jika kamu dan sahabat merasa betah duduk berlama-lama untuk bermain, mungkin permainan ini cocok untuk kalian. Pasalnya, game terbitan Fantasy Flight Games ini memiliki durasi yang sangat panjang, yaitu 4 jam! Didesain oleh Christian T. Petersen, game ini pun menerbitkan edisi kedua dan ketiga yang masih dibuat oleh designer yang sama.

Foto: boardgamegeek.com

Menyasar 2-6 pemain, pemain akan diajak berpetualang di luar angkasa untuk menguasai daerah tersebut. Dengan mekanisme dice rolling dan tile placement, setiap pemain akan mendapat kekuatan yang berbeda-beda. Tentunya, kekuatan negosiasi antar pemain sangat dibutuhkan untuk memenangkan permainan.

Meskipun seru, tapi baiknya jangan mainkan ini bersama teman yang suka bermain peran (role-play). Oke, dalam game ini kamu memang diberi peran sebagai spesies atau monster serangga yang menakutkan. Nah! berhubung ini adalah game strategi. Kamu bisa menjadi dongkol ketika kamu sedang serius menyusun strategi temanmu malah asik berakting menjadi spesies yang dia perankan.

  1. Space Alert (2008)

Adu kekuatannya sudah dulu ya, sekarang ajaklah teman kamu bekerjasama dalam game karya Vlaada Chvatil ini. Bergenre co-op game, ceritanya pemain berperan sebagai kru kapal luar angkasa yang mendeteksi adanya bahaya di sektor galaksi yang mereka lewati.

Nah, kamu dan temanmu harus melindungi kapal kalian untuk bisa keluar sebagai pemenang – hanya dalam waktu 10 menit! Wah, pasti akan sangat heboh saat permainan berlangsung ya. Game terbitan Czech Games ini bisa dimainkan oleh 1-5 orang, dan berdurasi selama 30 menit.

Space alert bisa membuat bertengkar
Game kooperatif juga bisa membuatmu bertengkar. Gambar: czechgames.com

Meskipun ini game kooperatif, game inipun bisa membuatmu saling menyalahkan teman satu timmu lho. Bagaimana tidak, bayangkan ketika kapal sedang dalam keadaan kritis dan kamu harus menambah energi kapal. Semua pemain saling berteriak memintamu melakukannya, padahal kamu sedang melakukannya.

Parahnya lagi, bayangkan temanmu memintamu melakukan sesuatu yang padahal harusnya dia sendiri yang bisa menyelesaikannya. Ketika kamu berhenti membayangkan, waktu sudah tinggal 20 detik. Ketika gagal, temanmu malah tertawa. Duh!

Halaman 1 | 2

Bagikan:
amaliacindra
Newbie board gamer who love writing and watching movies. See you every month in PlayTime Bandung!
  • Yanto Basna

    Machi Koro Bright Lights Big City pas mainin kartu ungu.

  • M Hanif Kurniawan

    Enggak ada yang lebih sakit daripada dikhianatin sama orang yang udah kita percaya di Dead Of Winter ( T-T )”