Kabar Game

5+ Board Game Unik yang Rilis Di Essen Spiel 2016

Bagikan:

Masih dalam suasana hangat paska berakhirnya Essen Spiel 2016 pada hari minggu kemarin (16/10). Nah, menyambung artikel yang sebelumnya, boardgame.id kembali akan memberikan beberapa informasi menarik seputar Spiel 2016. Pada kesempatan kali ini, boardgame.id akan memaparkan 5 board game unik yang baru saja rilis di Spiel’16.

Kategori “unik” yang akan dibicarakan di sini cenderung mengarah kepada pilihan komponen permainan dan bentuk permainan yang berbeda dengan board game-board game yang sudah rilis.

The Perfumer (Big Fun Games)

Sesuai nama permainannya, pemain akan menjadi seorang ahli dalam membuat parfum. Sebagai orang yang benar-benar ahli, maka pemain diminta untuk mencari aroma yang tepat untuk dapat menciptakan parfum yang harum dan berkualitas tinggi. Lalu bagaimana cara mencari aroma tersebut ?

board game unik 1 the perfumer
The Perfumer | Foto: boardgamegeek

Ucapkan terimakasih kepada teknologi percetakan paling mutakhir. Berkatnya, indra penciuman para pemain akan diuji dan ikut andil dalam dalam permainan ini. Ya! kartu dalam permainan ini akan memiliki aroma yang khas. Unik bukan ? Secara gameplay ini bukanlah permainan sepele dimana kamu harus menemukan bau yang tepat. Diperlukan juga strategi yang matang ketika menyelesaikan permintaan dari client untuk membuat parfum.

Fold-it (Happy Baobab)

Keunikan dari game ini harusnya sudah bisa terbaca dari judulnya Fold-it alias lipatlah. Di sini pemain akan beradu masak dengan cepat melawan pemain lain untuk menunjukkan siapa chef paling hebat. Setiap pemain akan mulai dengan dibekali lembaran kain yang berisi gambar makanan dan juga tiga buah bintang.

board game unik 2 fold-it
Fold-it | Foto: Instagram (altecapollyon)

Setiap ronde, akan ada satu kartu pesanan yang terbuka. Seketika itu pula setiap pemain secepat mungkin melipat-lipat kain masing-masing hingga menampilkan menu yang sama dengan kartu pesanan. Ronde tetap berlanjut hingga semua selesai melipat. Pemain yang lipatannya salah (menu yang muncul berbeda) dan pemain yang selesai melipat paling akhir akan kehilangan satu bintang. Pemain yang pada akhirnya masih bertahan memiliki bintang adalah pemenangnya.

Macroscope (Lifestyle Boardgames)

Macroscope memiliki komponen permainan berwujud seperti perangkat yang di dalamnya akan di isi kertas bergambar hitam putih. Tujuan dari permainan ini adalah mendapatkan skor paling tinggu dengan cara menebak gambar.

board game unik 3 macroscope
Macroscope | Foto: boardgamegeek

Dua dadu akan dilempar pada giliran pemain, kemudian pemain tersebut boleh melepas satu atau dua token yang menutupi lubang (lensa) sesuai angka yang muncul pada dadu. Begitu token dilepas pemain ini diminta untuk mengintip melalui lubang bekas token yang ia buang dan diperbolehkan menebak gambar apa yang sedang ia lihat. Begitu pemain menutuskan untuk menebak, kertas gambar ditarik keluar dan pemain akan mendapat poin sejumlah token yang tersisa bila benar, dan minus poin bila ternyata salah menebak.

HOP! (Funforge)

Hal unik yang dimiliki HOP! adalah papan permainannya. Para pemain akan berpetualang ke atas langit mengikuti jejak makhluk legendaris, hippopocorns hingga langit lapis ketujuh. Papan permainan yang disuguhkan cukup unik untuk merepresentasikan awan sebagai wilayah permainan.

board game unik 4 HOP
HOP! | Foto: Instagram (@nadeshad)

Pada dasarnya HOP! adalah permainan kompetitif namun sejalannya permainan mungkin tindakaan kooperatif dengan pemain lain juga diperlukan untuk mendapatkan poin. Poin bisa didapatkan dengan cara menolong pemain lain yang akan melompat ke langit yang lebih tinggi. Berbagai tantangan akan muncul ketika pemain ingin menolong atau sedang di tolong. Permainan berakhir ketika ada satu pemain yang berhasil mencapai langit ketujuh, namun hanya pemain dengan poin terbanyak yang akan memenangkan permainan.

Spaghetti (Grana)

Bosan dengan Jenga, Uno Stacko atau Super Rhino ? Namun sangat ingin bermain game yang mengandalkan ketangkasan ? Spaghetti jawabannya. Berbeda dengan dexterity game yang disebutkan sebelumnya, Spaghetti sangat cerdik dalam mengadu ketangkasan antar pemain.

board game unik 5 spaghetti
Spaghetti | Foto: boardgamegeek

Di sini, pemain akan mendapatkan poin bila berhasil mengumpulkan sulur-sulur mie sebanyak mungkin. Ada 27 tujuh sulur mie dengan warna dan ukuran serta poin yang berbeda. Syarat bermainnya pemain hanya boleh menggunakan satu tangan ketika menyantap (menyabut) mie dari piring. Namun, makan spaghetti juga perlu kekhusyukan, bila ada makanan yang keluar dari piring dan menimbulkan noda di meja (tercecer), pemain yang menyebabkannya kehilangan giliran. Dan bila bola baksonya jatuh dan menggelinding, pemain boleh mencoba menangkapnya untuk mendapatkan poin ekstra. Permainan berakhir ketika piring telah kosong.

[Bonus] Single Card Game (Blue Orange Games)

Apalagi yang membuat game ini paling unik kalau bukan karena hanya memiliki satu kartu saja untuk bermain. Lebih tepatnya ada satu kartu bergambar senyuman (smile) dan tentu sedih (sad) bila kartu diputar 180 derajat. Cara bermainnya sangat mudah, satu pemain meletakkan satu kartu ini dimeja dengan sisi senyum dibawah (facedown). Putar-putar kartunya lalu angkat dan tempelkan kartu ke bibirnya (sisi senyum ke arah luar dan terlihat oleh pemain lain). Pemain yang memegang kartu harus menebak mood yang muncul apakah berupa emosi senyum atau sedih hanya berdasarkan gestur dari pemain lain.

single-card


Itulah 5 board game unik yang rilis di Essen Spiel tahun ini. Apa board game unik versi kamu ?

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!