Mahasiswa ITS Surabaya di mata kuliah board game
Headline Komunitas Pendidikan

60 Mahasiswa DKV ITS Surabaya Ini Jadikan Board Game untuk Pahami Perancangan Media Kreatif

Bagikan:

Surabaya (26/2). Kegiatan di Kampus Desain Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) cukup berbeda dengan kampus-kampus lainnya. Tepatnya pada hari Senin kemarin, 08.30 – 11.30 WIB, diadakan kuliah tamu dalam bentuk workshop board game. Ya! board game.

Dimulai dari pukul 08.30 – 11.30 WIB, kuliah ini diikuti oleh mahasiswa semester 6 Program Studi Desain Komunikasi Visual ITS, khususnya yang tergabung dalam mata kuliah DKV Media Kreatif. Instruktur dalam workshop ini adalah 6 orang anggota komunitas PADAS (Papan Dolanan Suroboyo) yang cukup berpengalaman menjadi Game Master, yaitu; Christian Hendrawardhana, Sam Hagen, Erick Ernest, Timothy Andrew, Eric Jana, dan Cak Rifai.

Board game yang di uji cobakan untuk dimainkan dalam kuliah ini terbagi kedalam beberapa genre, antara lain: dexterity (ketangkasan), edukasi, memory (ingatan), activity / team building, story telling, dan kreatifitas. Untuk itu dipilih kurang lebih 14 judul board game untuk dimainkan oleh para peserta, ada Ice Cool, Animal upon Animal, Junk Art, Math Cat, Timeline: Invention, Fold It, Cookie Box, Spot It, Two Room and Boom, Kakak Teladan, Bla bla bla, Alkisah, Waroong Wars, dan Picassimo.

Pada pelaksanaannya, 6 orang instruktur / game master akan menempati 6 spot meja. Di sana telah ditempatkan 2-3 game. Peserta yang berjumlah kurang lebih 60 mahasiswa, dibagi ke dalam 6 kelompok dengan jumlah sekitar 10 orang. Setiap kelompok, mendapatkan jatah waktu sekitar 30 menit untuk mencoba game di tiap meja. Sehingga dalam waktu 3 jam, setiap peserta workshop memperoleh kesempatan untuk mencoba semua boardgame yang diajarkan.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman baru kepada para mahasiswa dalam rangka tugas perancangan media kreatif. Board game adalah salah satu judul / media yang cukup sering dipilih. Harapannya, mahasiswa mendapatkan suplemen wawasan dan pengetahuan terkait dengan elemen-elemen yang ada pada board game seper: mekanik / cara bermain, genre, tema, komponen, visual, packaging, dan sebagainya.

Wah, asyik ya! Bermain board game ternyata tidak hanya seru, tapi juga bisa diambil sisi-sisi yang lebih fokus untuk membantu menambah wawasan banyak mahasiswa. Kampusmu juga ingin ada kuliah tamu seru seperti di atas, coba kontak board game library atau board game cafe di kotamu.

Ditulis oleh Rabendra Yudistira Alamin
Sumber foto: Komunitas PADAS

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!