Headline Kabar Game Kabar Industri

7 Board Game Baru Ini Siap Ramaikan Aneka Board Game Asli Indonesia Tahun Depan

Bagikan:

Berbagai kotak warna-warni tampak menghiasi salah satu sudut Auditorium Binus International FX Senayan Jakarta, Sabtu (18/11) kemarin. Bukan kado ulang tahun, melainkan aneka kotak board game yang dipamerkan di showcase Unboxing 1.0, sebuah acara tentang potensi board game Indonesia.

Diinisiasi oleh Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI), acara ini digelar sebagai ajakan bermain board game asli Indonesia kepada masyarakat luas. Lewat jargon “Ayo main board game Indonesia”, para penggemar dan pegiat industri board game tanah air menyampaikan kesan dan harapannya untuk board game Indonesia.

board game asli Indonesia dari Manikmaya Games dan Kompas
Showcase dari Manikmaya Games dan Kompas di Unboxing 1.0

Tak hanya itu saja, dua publisher Indonesia yaitu Manikmaya Games dan Hompimpa Games pun ikut membagi pengalaman mereka saat ikut dalam SPIEL’17 Oktober lalu, lho. Membawa 13 judul game bertema Indonesia ke tanah Jerman, tak disangka seluruhnya ludes – bahkan ada prototype yang sampai dijual!

Ternyata banyak judul board game asli Indonesia yang sudah rilis ke pasaran yang hadir di Unboxing 1.0 seperti Balloons (Feira Tochi); Mat Goceng, Aquatico dan The Festivals (Manikmaya Games); Celebes dan Candrageni (Kompas); dan Terajana (KPK); The Art of Batik dan Acaraki: The Java Herbalist (Hompimpa Games); dan Kakak Teladan Episode : Belanja (C&Co Fun Factory). Masih ada banyak judul yang belum disebutkan.

Menariknya, sejumlah board game baru (dan belum dirilis) pun mendapat perhatian khusus di acara ini. Kira-kira ada apa saja, ya?

board game asli Indonesia dari Hompimpa Games
Showcase dari Hompimpa Games di Unboxing 1.0

Dari publisher asal Solo, Hompimpa Games yang juga dinaungi oleh mas Gibran dan Kaesang rupanya menghadirkan dua judul baru. Menariknya, semua board game ini bertema kearifan lokal Indonesia, seperti Orang Rimba dan Senggal Senggol Gang Damai.

Bergerak ke Bandung, ada Manikmaya Games yang membawa judul yang lebih beragam. Ada Uptime yang mengambil tema dystopian, board game berlatar olahraga yaitu Roket Raket, ditambah dua judul untuk seri board game dongeng Indonesia, Buto Ijo & Timun Mas serta Smong & Nabang Si Penunggang Paus.

Board game Santet dari Mas Bro Studio

Eits, ada satu lagi prototype game unik yang saya temukan. Dikembangkan oleh teman-teman game developer dari Jakarta, Masbro Studio yang sebelumnya merilis Laga Jakarta. Board game terbaru mereka mungkin mengambil topik yang tidak biasa: Santet! Ya, judulnya pun Santet, dan game ini dikemas dengan tampilan kotak hitam kelam.

Nah, itu dia beberapa board game terbaru karya anak bangsa, semuanya luar biasa menarik ya! Apakah semuanya akan rilis di tahun 2018 mendatang? Nantikan berita selengkapnya di Boardgame.id!

Bagikan:
amaliacindra

Like to discover everything (including board game). Like to play everything (especially board game). Love chocolate a lot. Caca is my nick, so better call me with that. Glad to know you guys!