Headline Kabar Industri Komunitas

10 Fakta Menarik yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Gen Con 50, Pameran Board Game Terbesar di AS

Bagikan:

Apa sih hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para board gamer di seluruh dunia? Mungkin ada beberapa, namun salah satu yang sudah jelas adalah pameran board game internasional.

Bagaimana tidak, lewat pameran board game kamu bisa bertemu dengan sesama board gamer dari belahan dunia lain. Kamu juga bisa menemukan game-game teranyar dari banyak publisher. Jika beruntung kamu juga bisa bertemu sapa dengan game designer, dan bahkan diberi kesempatan untuk menjajal prototype untuk game baru yang sedang ia kembangkan.

Gen Con menjadi urutan teratas pameran board game yang wajib dikunjungi untuk wilayah Amerika Serikat mengikuti International Spieltage di Jerman. Kamu masih baru di hobi board game ini dan belum tahun apa itu Gen Con? Tenang! boardgame.id akan mencoba memberikan info-info menarik terkait Gen Con.

Ramainya Gen Con 50
Foto: geekknight.com
  1. Gen Con merupakan kepanjangan Geneva Convention, nama yang secara sederhana diambil di tempat diadakannya pameran board game ini pertama kali. Tepatnya di Danau Geneva, Wisconsin, Amerika Serikat.
  2. Gen Con pertama kali digelar di sebuah rumah milik Gary Gygax, seorang game designer yang menjadi co-designer untuk role-playing game terkenal – Dungeons & Dragons. Selanjutnya acara ini menjadi cikal bakal Gen Con dan menamainya menjadi Gen Con 0.
  3. Tahun ini merupakan tahun ke 50 Gen Con digelar sejak tahun 1968 lalu.
  4. Jumlah total pengunjung Gen Con 50 mencapai 207,979 pengunjung, meningkat 4% dari tahun sebelumnya hanya 201,852 pengunjung.
  5. Semua jenis bagdes (tiket) Gen Con 50 baik yang harian maupun terusan 4 hari terjual habis.
  6. Foto: twitter.com

    Di hari pertama Gen Con 50, ada dua pasangan yang menikah dalam pameran ini. Ada juga yang memanfaatkan momen ini untuk meminang pasangannya.

  7. Diana Jones Awards, sebuah ajang pemberian penghargaan Nobel untuk Tabletop tahun ini dimenangkan oleh Gen Con sebagai sebuah pameran massif yang diselenggarakan setiap tahun.
  8. Gen Con 50 diisi oleh 500 eksibitor.
  9. Dana sebesar Rp 351 juta berhasil dikumpulkan untuk Child Advocates, sebuah badan amal setempat yang memang menjadi rekanan Gen Con tahun ini.
  10. Gen Con 50 menjadi penggerak perputaran ekonomi di kota Indianapolis, Amerika Serikat dan bertanggung jawab atas transaksi yang hampir menembus 1 triliyun rupiah dalam satu minggu.

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!