Kabar Game Opini

Ada Apa Dengan Ular Tangga?

Bagikan:

Di masa sekarang, di antara begitu banyak board game dengan mekanisme permainan yang kompleks dan komponen-komponen yang ciamik, ular tangga mungkin seringkali diremehkan. Tapi apa kamu tahu bahwa ular tangga sesungguhnya punya filosofi yang sangat mendalam? Yuk coba kita lirik sejarahnya.

Ular tangga berasal dari India dan dikenal dengan nama Moksha Patam atau Parama Pada Sopanam, dan dipercaya pertama kali diciptakan oleh penyair suci Gyandev. Dalam tradisi Hindu, Moksha Patam biasa dimainkan pada malam Vaikuntha Ekadashi (malam ke-11 setelah bulan baru pada bulan Marghazi dalam kalender Tamil). Para pemuja Dewa Wisnu percaya bahwa pada malam ini gerbang menuju istana sang dewa (surga) terbuka bagi orang-orang yang beriman dan berperilaku benar. Malam Vaikuntha Ekadashi ini dirayakan dengan berpuasa, bermeditasi, dan berdiskusi sepanjang malam. Moksha Patam sendiri seringkali dimainkan sebagai salah satu alat pengajaran moral di malam ini, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

null
sumber : Wikipedia

Permainan Moksha Patam adalah sebuah penggambaran takdir manusia yang sepanjang perjalanan hidupnya akan menemui berbagai hal baik dan buruk yang dilambangkan dengan ular dan tangga. Pada versi aslinya, kotak-kotak sepanjang permainan berisi berbagai ilustrasi dan konten pengajaran. Kotak-kotak tangga berisi simbol-simbol yang menggambarkan hal-hal baik seperti kebijaksanaan, kegigihan, dedikasi, dsb. Sementara itu, kotak-kotak ular berisi nama-nama yang melambangkan kejahatan dalam tradisi Hindu, seperti Duryodhana (ambisi), Kumbhakarna(kemalasan), Karkodaga (kecemburuan), Sishupala (kesombongan), dsb.

Secara keseluruhan, Moksha Patam mengajarkan para pemainnya tentang moralitas kehidupan manusia yang dalam usahanya mencapai nirvana dapat naik ke atas dengan perbuatan-perbuatan baik, tapi juga dapat terjatuh dalam godaan (ular) yang membawanya kembali ke bawah. Mencapai kotak terakhir berarti sang manusia berhasil melewati berbagai cobaan dan mencapai nirvana (moksha).

Menarik sekali kan filosofi permainan ular tangga? Lewat sebuah cara yang sederhana dan menyenangkan, permainan ini menjadi alat pengajaran moral sejak jaman dahulu. Selain Moksha Patam, masih banyak permainan lain yang juga memiliki sejarah dan latar belakang yang menarik, tapi kita simpan dulu ya untuk diulas di kesempatan berikutnya.

Baca juga:

Game Edukatif Apakah kita perlu menghadirkan game edukatif jika pada dasarnya setiap game bisa mengajarkan kita sesuatu?Saya selalu percaya game punya potensi yang ...
Kembali ke Zaman Pertengahan Perancis Lewat Board Game Joan of Arc Ini Kamu yang tertarik dengan sejarah Eropa khususnya Perancis, pasti pernah mendengar nama Joan of Arc. Ya, Joan of Arc – atau Jeanne d'Arc, memang diken...
Di Afrika, Board Game Bantu Bidan Mencatat Data Pasien Board game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan semata, namun board game juga bisa digunakan untuk hal yang lebih serius. Itulah yang dikerjaka...
Bagikan:
Rio