Opini

4 Alasan Mengapa Board Game Bisa Kurangi Kecanduan Main Online Game

Bagikan:

Bermain game dapat memberikan dampak positif maupun negatif kepada para pemainnya. Sayangnya pihak yang menganggap membawa dampak buruk masih sangat banyak. Dampak buruk tersebut disebabkan salah satunya karena bermain secara berlebihan atau main berjam-jam tanpa henti dan istirahat. Orang tua pun kini sangat tidak suka  anak-anaknya main berlama-lama di warnet. Padahal, pada dasarnya manusia bisa saja mengalami kecanduan terhadap berbagai hal yang dilakukan secara berlebihan, dan tentu saja segala hal yang berlebihan sangatlah tidak baik.

Sebagai seorang gamer kamu harus bisa mengontrol dosis “keinginan” bermainmu agar tidak berlebihan. Salah satu caranya adalah dengan bermain board game. Menekan kecanduan bermain dengan bermain?
Bagaimana bisa? Mengapa bermain board game bisa kurangi kecanduan dalam diri para pemainnya? Berikut 4 alasannya:

1. Sudah ada durasi waktunya

Cara terbaik agar gamer tidak kecanduan saat bermain game adalah dengan membatasi waktu bermain. Nah, disetiap board game yang dimainkan pasti ada durasi waktunya masing-masing. Pemainpun bisa memilih permainan mana yang sesuai dengan waktu yang ia punya. Mau permainan yang cepat, selesai dalam 30 menit ? bisa coba Waroong Wars atau Mat Goceng. Ingin yang sedikit lebih lama? Bisa coba Mahardika Board Game atau Pagelaran Yogyakarta yang memang satu permainan akan selesai dalam waktu kurang lebih satu jam.
Penampakan Waroong Wars & Pagelaran Yogyakarta | Foto: manikmaya.com

2. Butuh lawan main

Kbanyakan board game biasanya dibutuhkan setidaknya lebih dari dua pemain untuk bisa dimainkan. Dengan beradaptasi akan hal ini, pemain-pemain board game menjadi cenderung memilih bermain game yang ada lawannya. Jika tidak ada lawan main maka semangat bermainnya jadi turun, apalagi bermain bertatap muka langsung dengan lawan main jadi lebih menantang.

3. Tidak ada penghargaan

Board game dijamin tidak akan menghabiskan waktumu untuk bermain lama-lama demi memperoleh barang-barang legendaris, menghabiskan waktu untuk menaikkan level suatu karakter, mendapatkan skor tertinggi atau penghargaan tertentu. Beberapa board game ada juga sih yang memberikan lembar achievement, siapa yang menang dipermainan hari ini, berapa pemain yang main, namun tetap saja tidak akan memakan waktu berlebih.

Hansel Gretel

4. Ramah untuk keluarga

Sangat jarang ditemukan satu keluarga bermain counter strike bareng-bareng, atau hunting monster bersama-sama di game MMORPG. Akan tetapi banyak board game yang didesain untuk bisa dimainkan bersama keluarga, board game seperti ini punya kategori sendiri yaitu, family game. Dengan bermain bersama keluarga, tentu bisa kurangi kecanduan dan justru bisa meningkatkan family bonding apalagi jika aktivitas bermain board game bersama keluarga ini rutin dilaksanakan setidaknya satu bulan sekali.

Jadi, masih ada alasan untuk kamu tidak mau bermain board game?

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!