Headline Kabar Game

Makin Marak! Aplikasi Pendamping untuk Board Game Kini Banyak Bermunculan

Bagikan:

Melesatnya era digital ternyata juga telah merasuk ke industri board game. Meskipun board game hadir sebagai pilihan untuk mengurangi penggunaan gawai, beberapa publisher terciduk untuk justru tetap memanfaatkannya. Tak bisa dipungkiri, board game digital yang hadir untuk ponsel berbasis Android dan iOS kini sudah menjamur.

Di samping itu, ternyata cukup banyak juga aplikasi board game yang sengaja hadir untuk ‘menemani’ para pemainnya memainkan board game sungguhan. Aplikasi jenis ini kerap pula disebut sebagai pendamping atau companion apps. Dan kehadirannya kian populer dewasa ini.

Aplikasi ini bukanlah sebuah game. Ia tidak menawarkan digitalisasi dari sebuah board game yang dapat dimainkan penuh secara mandiri. Justru, companion apps ini biasanya berfungsi untuk mengatur jalannya skenario, randomizer, atau pilihan aksi rahasia yang berhubungan langsung dengan board game fisiknya.

Nah, berita kali ini kurang lebih menginformasikan companion apps teranyar yang mungkin menarik hati kalian untuk membeli board gamenya sekaligus menjajal kegunaan aplikasinya.

Companion apps yang pertama dan yang paling baru datang dari Wyrd Games, mereka merilis aplikasi penyokong untuk board game Bad Things Happen. Kegunaannya untuk membantu pemain yang memerankan Malifaux melihat kembali koleksi-koleksi yang mereka dapatkan, membangun Crews untuk permainan, dan memulai Encounters.

Pemain bisa menambahkan model dan memperbaharui kru mereka, dengan tetap memperhatikan batasan dalam perekrutan. Lalu, lewat aplikasi ini, skema bisa dilacak, kemudian skor, luka dan kondisi juga bisa diketahui informasinya.

Selanjutnya, Portal Games akan merilis companion apps untuk A Tides of Time, yang menambahkan mode kampanye, kartu baru dan tentu aturan main yang baru. Ternyata di Spiel 2017 lalu, publisher asal Polandia ini juga tengah merencanakan untuk mengeluarkan aplikasi pembantu untuk Robinson Crusoe. Aplikasi ini akan menyediakan kartu event dan kartu adventure sekaligus pemilihan tema untuk tiap skenario.

Portal Games tidak hanya berhenti di situ saja. Game mereka yang berjudul First Martians: Adventures on the Red Planet juga akan terintegrasi dengan aplikasi yang akan mengurus keseimbangan dari permainan dan mengenalkan tantangan-tantangan baru sejalan dengan kiprah pemain selama permainan berlangsung.

Tak mau kalah, bulan lalu Fantasy Flight Games turut mengeluarkan companion apps berjudul The Legends of the Alliance untuk board game strategi mereka, Star Wars: Imperial Assault. Aplikasi gratis ini mengizinkan pemain untuk bekerja sama dalam sebuah kampanye dengan teman-teman mereka untuk melawan Imperials yang akan diatur dalam aplikasi.

Catatan, aplikasi ini tidak akan menggantikan mode bermain yang lawas (campign dan skirmish), akan tetapi memberikan pengalaman yang baru untuk pemain. Termasuk skenario kampanye terbaru, “Flight of the Freedom Fighter.

Mansion of Madness dan aplikasi pendamping

FFG juga menawarkan pengalaman baru ketika bermain board game horror, Mansions of Madness (edisi kedua) dengan bantuan aplikasi. Aplikasi akan memandu aksi dan mengontrol musuh, mengeliminasi pemain yang berperan sebagai “Keeper” yang membuat pemain kini bisa bermain murni kooperatif secara penuh alias menghilangkan mode satu lawan banyak.

Jauh sebelum ini, FFG juga meluncurkan board game XCOM. Aplikasi untuk XCOM berperan untuk mendikte aksi, dan kemungkinan di mana markas akan diserang. Beberapa perintah yang keluar di aplikasi akan dijalankan dengan menggerakkan atau memindahkan komponen yang ada di papan permainan. Board game XCOM tidak dapat dimainkan tanpa aplikasi pendamping ini.

XCOM dan aplikasi pendamping

Tak luput, dan mungkin beberapa pembaca sudah tahu, Unlock! juga memanfaatkan kehadiran aplikasi ketika dimainkan. Dalam permainan bertema escape room ini, pemain akan menyelesaikan rangkaian teka teki, aplikasi membantu pemain untuk menyelesaikan dan menjawab rintangan yang ada. Plus, tidak perlu koneksi internet begitu aplikasi ini telah diunduh.

Ingat dengan game rilisan IDW Games berjudul Daemon Trilogy? Seri pertama yang berjudul Subrosa ini pernah dibahas di Boardgame.id beberapa bulan lalu. Ternyata game ini bisa juga dimainkan dengan dukungan aplikasi.

Aplikasi untuk Subrosa dibuat oleh Monocle Society, sebuah perusahaan yang fokus membuat AR dan memaksimalkan pengalaman bermain board game lewat aplikasi. Nah, untuk Subrosa, aplikasi ini membantu pemain agar langkahnya tidak terlihat meskipun tanpa aplikasi Subrosa tetap bisa dimainkan.

Jika kamu sangat suka bermain Clank! namun kesusahan mencari teman bermain, berbangga hatilah. Renegade Game Studios juga telah merilis aplikasi pendamping yang membuatmu bisa bermain Clank! sendirian. Mereka juga menyiapkan konten tambahan melalui aplikasi untuk game-game berikut: Flatline, Fuse, dan Lanterns.

Sebagai penutup, board game Leaders terbitan Rudy Games, mengeksploitasi aplikasi sebagai komponen penting ketika bermain. Malah, permainan tidak akan bisa berjalan jika aplikasi ini tidak ada. Selayaknya XCOM, beberapa aksi dilakukan melalui aplikasi dan biasanya dilakukan secara rahasia. Meskipun demikian, pergerakan komponen di papan permainan yang sesungguhnya tetap ada.

Jadi, apa pendapatmu tentang board game yang bersanding dengan aplikasi ketika dimainkan? Mana yang lebih kamu nikmati, board game dengan aplikasi atau tanpa aplikasi?

Sumber: ICv2

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!