perang dunia 2
Opini

Mengapa Perang Menjadi Hal Paling Menguntungkan Bagi Kaum Kapitalis?

Bagikan:

Selama ini yang kita tahu, perang selalu identik dengan kekerasan. Perang selalu identik dengan pengorbanan rakyat kecil yang tidak berdosa. Perang selalu identik dengan senjata api dan bom yang selalu mengenai para sipil, sehingga kita selalu berpikir bahwa perang itu kejam.

Hal tersebut benar adanya, perang adalah sesuatu keadaan yang sangat kejam. Peperangan seakan tidak memiliki tujuan dalam kehidupan, sebab yang kita lihat hanyalah kekejaman dan penghancuran saja yang dilakukannya.

Hanya saja tahukah dirimu jika perang justru sangat menguntungkan bagi pihak tertentu, terutama kaum kapitalis? Perang adalah bisnis yang memiliki keuntungan yang sangat besar, ya sangat besar. Bagaimana bisa?

Perang pada dasarnya seperti sebuah acara huru-hara, tidak mungkin acara tersebut tidak membutuhkan modal. Modal-modal itu dikumpulkan dari para investor dan digunakan untuk memproduksi berbagai alat perang. Alat perang tersebut tentu saja dijual kepada negara-negara yang sedang melakukan kegiatan perang. Ya begitulah pada dasarnya mengapa peperangan adalah sebuah kegiatan yang sangat menguntungkan bagi para kaum kapitalis. Bukti bahwa perang tersebut memberikan keuntungan pada bisnis, bisa dilihat pada grafik di bawah ini.

business-cycle
Ekonomi Amerika Serikat meningkat pesat pada saat perang dunia ke 2
image: Mcgraw-Hill

Imperial 2030, Gambaran Dari Kegiatan Perang Menguntungkan Bagi Kaum Kapitalis

Salah satu board game yang menggambarkan fenomena di atas adalah Imperial 2030. Dalam board game tersebut, para pemain akan bermain sebagai para kaum kapitalis, yang melakukan investasi kepada setiap 6 negara super power di dunia. Sebagai kaum kapitalis, tidak akan pernah peduli negara mana yang akan menang. Para pemain sebagai kaum kapitalis hanya berpikir bagaimana caranya agar bisa mengumpulkan uang (kapital) sebanyak-banyaknya.

imperial-2030
image: The Game Master

Imperial 2030 tidak mengajarkan kita untuk menjadi kaum kapitalis, hanya saja board game tersebut sebagai simulasi saja, bagaimana kegiatan imperialis (perebutan daerah dengan cara berperang) sangat menguntungkan bagi para kaum kapitalis. Kamu bisa melihat cara bermain Imperial 203 di video di bawah ini.

Kamu punya pendapat lain mengenai perang yang pernah terjadi di dunia ini? Yuk share!

Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.