Komunitas

Lampu Mati Tak Halangi Board Game Bandung Society Main Board Game di Play99ers Radio

Bagikan:

Ekspresi serius saat memilih kartu tampak jelas di raut wajah para pemain card game Lelang Mania sore itu. Berkumpul di sebuah ruang siaran radio di salah satu pusat kota Bandung, sesekali terdengar ledekan dan gelak tawa yang cukup menghangatkan suasana. Eh, tapi tunggu – kok main game di radio? Ada apa nih?

Ya! hari Rabu (10/01) kemarin, Boardgame.id bersama Komunitas Bandung Board Game Society berkesempatan main-main ke Play99ers 100 FM Bandung, satu dari sekian radio anak muda di Kota Kembang. Menjadi tamu dalam rubrik Jalan-jalan Sore di radio tersebut, komunitas ini bercerita tentang seluk-beluk board game, khususnya board game di kota Bandung.

Board game sendiri bagi mereka adalah sebuah game yang dimainkan di atas meja dengan komponen tertentu. “Board game sebenarnya ada banyak macam, yang paling standar ya Uno dan Monopoli. Sama juga dari segi durasi, jenis dan tingkat kesulitan, ada banyak pilihannya.” jelas Augi dari Manikmaya Games.

Sejak didirikan di tahun 2012 silam, perkumpulan ini telah berisi sekitar 100 orang yang berinteraksi melalui sosial media. Anggotanya pun beragam, mulai dari game designer, kolektor, hingga coach game bisa saling bertukar informasi tentang game papan favorit mereka.

Tak hanya bermain, rupanya para peminat board game ini juga ikut berkarya, lho! “Sampai sekarang (akhir tahun 2017), board game karya anak Indonesia sudah ada 30 judul dan bakal terus bertambah.” ungkap Isa, Chief Editor Boardgame.id. Kreator The Festival ini pun sempat menunjukkan beberapa judul board game, seperti Aquatico dan Get Egg pada para penyiar di sana.

Capek bercuap-cuap, akhirnya datang juga acara yang ditunggu: main bareng! Mengajak kedua penyiar, akhirnya mereka bermain Lelang Mania dan Get Egg. Meski listrik sempat padam dan membuat geger seisi radio, sesi bermain tetap berjalan seru. Komentarnya? “Seru tapi pusing!” kata salah satu penyiar yang katanya baru pertama kali main board game ini disambut tawa seluruh ruangan.

Menjadi komunitas yang aktif hingga saat ini, ternyata membuat penasaran banyak orang sehingga peminat kegiatan ini semakin bertambah. “Orang-orang yang tertarik main bisa langsung datang ke board game library di kota terdekat, atau gabung di PlayDay setiap bulan.” ujar Yugo, coach di Shuffle ID, board game library di Bandung.

Menurut Yugo, board game juga ampuh mengurangi ketergantungan terhadap gadget. “Sekarang banyak orang tua yang mengajak anaknya main board game, katanya untuk membiasakan anak nggak adiktif dengan gadget-nya. Istilahnya digital detox, lah.” jelasnya lagi. Manfaat yang luar biasa, ya!

Nah, itu dia keseruan Boardgame ID sehari bersama teman-teman Komunitas Boardgame Bandung di Play99ers Radio. Kamu mau ikut main juga? Jangan kelewatan informasi jadwal main board game di bulan Januari ini, ya! Hanya di Boardgame.id tentunya.

Bagikan:
amaliacindra
Newbie board gamer who love writing and watching movies. For community event and report kindly contact me on amalia(at)boardgame(dot)id. See you every month at PlayTime Bandung!