Kabar Game

Bangun Kebersamaan dengan Bermain Board Game (Bagian 1)

Bagikan:

Kamu tahu Catur, Monopoly, Ludo, atau Ular Tangga bukan? Mungkin waktu kecil kamu pernah memainkannya. Ya, seperti itulah contoh sederhana dari apa yang disebut dengan board game, yaitu permainan yang melibatkan papan permainan dan berbagai komponen lain (bidak, dadu ataupun kartu).

Board game sendiri sudah ada sejak jaman Mesir kuno, yaitu dari tahun 3500 SM. Game tertua yang pernah ditemukan adalah Sennet. Sampai kini sudah banyak board game yang beredar didunia dengan cara bermain yang berbeda-beda, dan tidak lagi hanya yang kamu ketahui pada waktu kecil saja. Board game sebenarnya terus berkembang walaupun di era digital seperti saat ini. Sudah begitu banyak variasi dan gaya bermain, dari yang sangat ringan untuk anak-anak, yang simpel namun bikin ketagihan, sampai yang kompleks dengan permainan yang mengasikkan.

Jerman dan Board Game

Pada umumnya board game modern dikategorikan menjadi dua, yaitu German-Style atau Euro Board Game dan American-Style atau Ameritrash. Karakteristik board game Ameritrash adalah mekanisme permainan yang didominasi oleh probabilitas dan faktor keberuntungan, seperti pemakaian dadu. Lalu adanya sistem eliminasi dimana pemain yang kalah lebih dulu harus keluar dari permainan hingga permainan usai.

Beberapa contoh german-style (euro) board game

Sedangkan karakteristik German-Style Board Game ada pada mekanisme permainannya yang lebih mengandalkan strategi dan negosiasi. Board game jenis ini lebih menuntut kamu untuk berinteraksi dengan pemain lain. Fitur lain dari Euro Game ini adalah memberikan kesempatan yang sama kepada setiap pemain untuk memenangkan permainan walaupun dia sempat mendapat peringkat atau poin paling rendah ditengah permainan.

Di Jerman sendiri memiliki penghargaan tahunan untuk board game terbaik yang beredar di pasar Jerman, yang diberi nama Spiel des Jahres. Lalu di Jerman juga diadakan pameran tahunan yang merupakan pameran board game terbesar di dunia, dikenal sebagai Essen Spiel Ini adalah beberapa bukti bahwa board game memang benar-benar diakui dan disanjung hingga menjadi budaya yang kental di Jerman.

Lalu bagaimana bermain board game bisa membangun kebersamaan? Simak kelanjutannya tentang Spielabend (Malam bermain) pada artikel yang satu ini

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!