Booth Indonesia di SPIEL'17
Komunitas

Behind the Scene, Potret Kesuksesan Board Game Asli Indonesia Memikat Pengunjung Pameran Board Game Dunia [Kabar SPIEL]

Bagikan:

Senang, gembira sekaligus bangga menyelimuti tim Indonesia yang berangkat ke Jerman untuk mengikuti SPIEL’17. Bagaimana tidak, mereka terbang ke Jerman dari tanggal 23 Oktober dari bandara Soekarno Hatta demi berpartisipasi ke pameran board game terbesar di dunia selama lima hari.

Ada misi khusus yang dijalankan oleh tim Indonesia yang diwakili oleh Manikmaya Games dan juga Hompimpa Games. Keduanya merupakan publisher board game yang menerbitkan berbagai judul board game asli Indonesia. Board game yang mereka luncurkan bukan sembarang board game. Setidaknya ada 10 board game yang mereka bawa ke kota Essen, semuanya mengangkat tentang secuil kekayaan Indonesia.

Ya! Mereka menunaikan perjalanan panjang antar benua tidak hanya untuk menjual board game tanah, namun mereka juga membawa dan mengibarkan bendera Indonesia. Mereka berangkat di bawah naungan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) yang sangat mengharapkan agar masyarakat dunia dan juga masyarakat Indonesia sendiri melihat bahwa negeri ini memiliki sesuatu yang seru.

Tentu yang dimaksud ‘sesuatu’ adalah board game. APIBGI melihat board game bukan sekedar hiburan semata, board game memiliki potensi untuk menjadi duta wisata Indonesia. Hanya dengan bermain board game seperti The Festivals, Aquatico, Orang Rimba, The Art of Batik ataupun yang lainnya, pemain mendapat pengetahuan baru. Pengetahuan ternyata Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya dan alamnya.

Di hari ketiga pameran SPIEL’17, semua board game asli Indonesia ludes dibeli pengunjung dari manca negara. Lantas, apa saja yang terjadi di sana? Seperti apa aktivitas booth Indonesia di sana? Nah! Sedikit banyak, semoga album foto hasil jepretan Irsyadul Afif (Hompimpa Games) berikut ini dapat menceritakan sendiri bagaimana tim Indonesia beraksi di pentas dunia.

Seperti yang sudah kita tahu, stok board game di Booth Indonesia sukses terjual habis di hari ketiga pameran board game…

Dikirim oleh Boardgame.id pada 31 Oktober 2017

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!