Headline Kabar Industri

BEKRAF Mendukung Industri Board Game Indonesia untuk Bisa Hadir di Essen SPIEL 2018!

Bagikan:

Industri board game Indonesia terus tumbuh setiap tahun. Tahun 2017 lalu banyak sekali batu loncatan yang telah dilewati. Pertama, Indonesia kembali menginjakkan kaki di kota Essen (Jerman) untuk berpartisipasi dalam Essen SPIEL, pameran board game terbesar dunia untuk kedua kalinya. Tercatat pula, sebanyak 17 judul board game asli Indonesia telah rilis ke pasaran di sepanjang tahun 2017.

Kemudian sejalan dengan bertumbuhnya industri board game tanah air, Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI) juga akhirnya baru resmi dibentuk tahun 2017. Guna menyelaraskan agar semua pelaku di industri board game Indonesia memiliki pemahaman visi dan misi yang sama, tanggal 10 April lalu APIBGI mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) yang pertama.

Munas APIBGI dihadiri oleh beberapa publisher, media, pemilik board game cafe/library, juga retailer dan distributor dari berbagai wilayah di Pulau Jawa. Mengambil tempat di Bandung Creative Hub, Munas APIBGI juga menghadirkan perwakilan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), yaitu bapak Joshua Simandjuntak yang menjabat sebagai Deputi Pemasaran.

 

Pak Joshua Simandjuntak mendukung industri board game
Pak Joshua Simandjuntak memberi sambutan

Acara dimulai pada pukul 09:00. Pak Joshua menjadi pembicara pembuka yang menjelaskan peran BEKRAF. Secara garis besar ada 16 subsektor ekonomi kreatif yang menjadi ruang lingkup kinerja BEKRAF, salah satunya adalah Aplikasi dan Pengembangan Game yang juga menjadi program prioritas. BEKRAF sendiri bertugas membantu memajukan industri kreatif mulai perancangan ide ekonomi kreatif hingga akhirnya ke pemasarannya.

Pak Joshua melihat potensi besar yang tersimpan dari industri board game Indonesia. “Industri board game bisa, meningkatkan PBB ekonomi kreatif, menyerap tenaga kerja, kemudian bisa meningkatkan nilai ekspor yang lebih tinggi. Board game sendiri juga merupakan produk kreatif.”

Di akhir sambutan, Pak Joshua juga menyampaikan dukungannya untuk APIBGI agar terus maju. “Kami ingin produk kreatif termasuk board game mendunia, apalagi jika kalau sedang di luar negeri dan masuk ke kafe menemukan board game dari Indonesia.”

Kiri-kanan: Moderator, Bapak Joshua, Eko Nugroho

Selanjutnya mas Eko Nugroho, CEO Kummara Game Design Studio dan pencetus APIBGI, menyampaikan kalau sekarang industri board game Indonesia sebenarnya sudah banyak yang mendukung dan bahkan telah menggunakan board game dalam programnya seperti KPK.

“Tahun ini, Insya Allah APIBGI akan menjalankan beberapa program untuk lebih mengangkat industri ini, Indonesia tahun ini (2018, red) akan hadir kembali ke Essen SPIEL dengan dukungan dari BEKRAF.” Mas Eko menyampaikan rencana APIBGI.

“BEKRAF dengan segala upayanya turut mendukung untuk mengenalkan dan mempromosikan kehadiran APIBGI di Essen.” Pak Joshua kembali mengamini sekaligus mengakhiri sesi bincang-bincang kala itu.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!