Kabar Game

Bermain Board Game di Jakarta Comic Con 2015

Bagikan:

Jakarta Comic Con diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia tanggal 25-27 September 2015 bertempat di Hall C JIExpo Kemayoran. Acara Jakarta Comic Con ini diinisiasi langsung oleh tim Bangkok Comic Con, dan sebagaimana pelaksaanan Bangkok Comic Con 2015 yang menggandeng Anime Festival Asia Thailand, Jakarta Comic Con juga dilangsungkan bersebelahan dengan Anime Festival Asia Indonesia 2015.

Mengusung nama “Comic Con”, sejatinya event ini tidak hanya berfokus pada industri komik semata. Terlihat seri televisi seperti Walking Dead dan Game of Throne menjadi salah satu atraksi utama. Para pelaku industri komik dan beberapa studio ilustrasi berkumpul di salah satu sayap hall. Dan di ujung sebaliknya terlihat area board game yang tidak pernah sepi pengunjung.

Salah satu pengisi acara Jakarta Comic Con 2015 Foto: BoardGame.ID
Salah satu pengisi acara Jakarta Comic Con 2015
Foto: BoardGame.ID

Ya, board game belakangan ini mulai jadi menu wajib konvensi sejenis. Seperti PopCon di Jakarta Convention Centre dan Toys Games Republic di Trans Studio Bandung. Kali ini di Jakarta Comic Con 2015 area board game diramaikan oleh kolaborasi Arcanum Hobbies, Manikmaya Games, Dice Master Indonesia, Throne of Elements, dan Board Game Challenge. Finalis dari kompetisi Board Game Challenge yang hadir antara lain Jomblo (Juara 3), Monas (Juara Favorit) dan Lagak Jakarta. Arcanum Hobbies memang kerap mengumpulkan para pelaku industri board game lokal untuk berkolaborasi dalam event-event semacam ini.

Suasana board game area Jakarta Comic Con 2015 Foto: BoardGame.ID
Suasana board game area Jakarta Comic Con 2015
Foto: BoardGame.ID

Dalam kesempatan tersebut para pelaku industri board game baik kreator, publisher dan komunitas seakan ingin menunjukkan konsistensi demi terus memperkenalkan board game ke lebih banyak orang. Dalam talkshow yang dihelat di penghujung hari pertama Jakarta Comic Con mengangkat board game industry insight yang dipaparkan oleh Manikmaya Games, disebutkan dalam sesi tersebut tren industri board game di dunia sedang sangat melejit dan bahkan mengumandangkan istilah “Board Game Renaissance”. Pembicara lainnya dari Throne of Elements, Lagak Jakarta dan Monas pun turut mengamini bahwa tren tersebut mulai dirasakan di Indonesia. Diharapkan dari kolaborasi dengan event seperti Jakarta Comic Con industri board game Indonesia akan terus melejit serta masyarakatpun menjadi lebih mengenal budaya bermain board game.

 

 

Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com