Event Headline Komunitas

Pecah! Ramainya Area Bermain Board Game di Pakoban

Akhir minggu lalu, kamu ingin pergi ke pasar untuk berbelanja. Hari itu masih pagi, tetapi suasana di sana sudah ramai dan membuatmu sedikit kebingungan. Tidak lama, akhirnya kamu berhasil masuk ke dalam kerumunan. Tapi, lho kok ?! yang dijual semuanya komik ?! Wah, selamat ya, berarti kamu sedang berada di Pasar Komik Bandung 6!

Ya, 13-14 Mei 2017 kemarin, berbagai komunitas dan pegiat komik di Indonesia berkumpul di acara Pasar Komik Bandung – atau akrab disebut Pakoban. Bertempat di Braga Citywalk Bandung, acara ini adalah kali keenam para kreator lokal unjuk kemampuan berkomiknya pada masyarakat. Tak hanya itu, Pakoban juga memberikan award sebagai apresiasi terhadap karya-karya para komikus tersebut di akhir acara.

Board Game Lokal di Area Bermain Board Game di Pakoban

Selain komik dan workshop, ada satu lagi yang cukup menyedot animo warga yang datang ke Pakoban 6. Apa lagi kalau bukan Board Game Alley (BGA), oleh beberapa publisher dan pengembang board game tanah air. Selama dua hari, beragam board game dan card game buatan anak bangsa bisa kamu coba di area ini, lho. Seperti apa keseruannya?

Baca juga: Board Game Alley Kembali Serbu Pasar Komik Bandung 6

Hari Pertama

Sabtu, 13 Mei 2017 menjadi hari pembuka dari Pakoban sekaligus hari pertama pameran di area BGA yang terdiri dari 6 publisher dan pengembang game Indonesia. Sejak pukul 10 pagi, pengunjung bisa menjajal kemampuan mereka bermain game-game seru dan mengasah otak.

Tak lama setelah acara dibuka, beberapa orang langsung bermain The Festivals, sebuah board game terbaru keluaran Manikmaya Games. Seperti namanya, game ini akan mengajak pemain berperan menjadi seorang traveller yang berkeliling untuk mengunjungi berbagai festival di nusantara. Di meja lainnya, pengunjung tampak asyik bermain card game logika matematika yang dikemas dengan visual unik dan ringan dari Feira Tochi Games, Balloon.

Baca juga: Manikmaya Games Bongkar Cara Bermain Board Game The Festivals Dalam Video Ini

Hari beranjak sore, tetapi area BGA justru bertambah riuh. Kali ini penulis ikut mencoba bermain Le Voleur bersama tiga pengunjung Pakoban lainnya. Game yang juga dibuat oleh Feira Tochi Games ini masih dalam tahap pengembangan. Game kombinasi deduksi dan strategi ini cukup menghabiskan waktu, tetapi tidak membuat para pengunjung kapok untuk bermain. Untungnya, beberapa pengunjung masih sempat bermain Mat Goceng dan Get Egg di akhir hari pertama Pakoban yang ditutup pada pukul 8 malam.

Meskipun masih hari pertama, cukup banyak respon positif yang diberikan para pengunjung. Salah satunya, Novan yang sempat mencicipi (dan memenangkan) Le Voleur yang lumayan rumit. “Ya, saya memang suka game-game strategi seperti ini. Otak jadi terasah untuk berpikir. Seru banget.” Ujarnya antusias.

Hari Kedua

Tidak sempat bergabung dalam serunya BGA di Pakoban 6 di hari pertama? Tenang, karena masih banyak game-game menantang yang menyapa pengunjung di hari kedua pada Minggu, 14 Mei 2017 kemarin.

Selain beberapa judul yang sama di hari pertama, pengunjung bisa bermain permainan lain yang tak kalah menarik. Sebut saja Flipeek Medieval, game berlatar abad pertengahan yang menguji ingatan pemain. Game buatan ATV ini cukup populer di kalangan pengunjung, lho.

Baca juga: Flipeek Medieval, Game Kedua ATV Telah Lahir

Di hari kedua ini, cuaca terasa kurang bersahabat (bahkan sempat hujan deras di luar venue), tetapi suasana BGA terasa semakin panas. Kali ini mengumpulkan elemen terbanyak dalam Throne of Elements menjadi game yang menemani pengunjung. Di saat yang bersamaan, beberapa orang tertangkap sedang bermain Keris Tanding dan Pet War.

Faiza, salah satu pengunjung yang mencoba beberapa game di BGA pun memberi testimoni positif tentang kegiatan ini. Menurutnya, bermain board game bisa mengurangi beban pikiran akibat pekerjaan. “Saya baru kali ini bermain board game. Setelah main, pikiran jadi lebih fresh, rasa stres jadi teralihkan.” Jelasnya.

Seperti di hari pertama, pengunjung yang datang ke area BGA cukup variatif dan mencakup semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan para pemenang setiap sesi permainan tidak melulu orang dewasa. Seperti pada sesi bermain Flipeek Medieval, Balloon dan The Festivals; beberapa pemain cilik yang umurnya belum genap 10 tahun berhasil keluar sebagai pemenang, lho. Hebat, ya!

Yap, begitulah keseruan BGA langsung dari Pakoban 6 tahun ini. Senang sekali rasanya melihat para pengunjung mencoba bermain board game dan pulang dengan wajah gembira. Ingin menularkan keceriaan ini pada keluarga atau sahabat?

Kamu juga bisa memiliki game-game tersebut dengan membelinya di situs pasar.boardgame.id. Jadi, sampai jumpa di Pakoban atau di event-event board game berikutnya ya!

Bagikan:
amaliacindra
Like to discover everything including board game. Like to play everything especially board game. Loves chocolate a lot. Caca is my nick, so better call me with that. Glad to know you guys!