Opini

Belajar Melatih Softskill dengan Bermain Poker di Ruang Kelas

Bagikan:

Jika kamu membayangkan permainan poker, pasti yang ada dalam pikiranmu tidak jauh-jauh dari uang dan judi, benar adanya memang. Namun, bagaimana kalau beberapa universitas di Inggris berikut ini menggunakan Poker di ruang kelas untuk tujuan yang lain?
Permainan yang sering diberi nama Texas Hold’em Poker ini telah digunakan oleh universitas-universitas seperti Harvard, Yale dan Princeton sebagai salah satu alat mengajar yang penting di kelas-kelas.

Penerimaan poker dalam pembelajaran di ruang kelas tentu tidak semudah yang dibayangkan. Para pengajar lantas menolak memasukkan permainan yang erat hubungannya dengan judi ke dalam pelajaran. Nah, Universitas-universitas diatas memiliki cara unik tersendiri untuk mengenalkan poker ke ruang kelas. Untungnya hasilnya tepat sasaran, sehingga banyak universitas lain yang mengikuti langkah-langkahnya.

Bermain poker dapat mengajarkan banyak hal dan berpengaruh langsung dalam kehidupan nyata. Beberapa pelajaran untuk mengasah softskill yang dapat dipetik dengan bermain poker antara lain: Perencanaan Investasi, berpikir kritis, pengendalian diri, fokus jangka panjang, kuat mental, mengasah kemampuan menganalisa dan dapat memperkirakan resiko.

Professor Nesson dari Harvard berpendapat bahwa keuntungan bermain poker diatas sangat diperlukan jika ingin bekerja secara profesional di ranah Bisnis, Teknologi, Psikologi dan Hukum.

Jadi, kamu yakin permainan itu selalu berdampak buruk ? Kalau bisa diolah dan dipergunakan secara baik tentu banyak nilai-nilai positif yang bisa disampaikan melalui bermain seperti bermain poker di ruang kelas.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!