Bersiap menuju jerman
Headline Kabar Industri Komunitas

Bersiap Menuju Pameran Board Game Dunia [SPIEL Diary]

Bagikan:

Catatan perjalanan ini ditulis dan dikirimkan oleh Kang Emji dari Hompimpa Games untuk Boardgame.id

Meeting Team POP Hotel Jakarta, 22 Oktober 2017

Sehari sebelum penerbangan, kami, Hompimpa Games dan Manikmaya bersiap memulai perjalanan besar menuju Jerman dengan meeting sederhana di kantin POP Hotel. Kami memulai dengan rapat teknis seputar penyelenggaraan acara, teknis bussines day, hingga tata kelola booth dan publikasi. Kami sudah mendapat appoinment meeting dengan beberapa publisher, untuk menjajaki beberapa alternatif kerjasama dan juga dengan boardgamegeek.


Rapat berakhir dengan sejumlah PR dan kekhawatiran yang sangat besar. Sejak awal, logistik menjadi masalah paling krusial dalam teknis keberangkatan. Biaya kargo dan shipping logistik tidak terjangkau untuk kami sehingga kami memutuskan untuk membawa game-game yang akan dipamerkan di Essen dengan cara hand carry, langsung via bagasi. Pilihan berat dan tentu saja sangat berisiko. Hingga detik detik keberangkatan kami masih harus kembali menimbang dan menata ulang, agar bagasi tidak ditolak oleh pihak penerbangan.

Bandara Soekarno Hatta Terminal 2D, 23 Oktober 2017, Menuju Dusseldorf

Pagi-pagi kami harus rela mendapat tatapan sinis dari penumpang lain gara-gara 3 koper kami yang sangat besar dan berat. “Menuh-menuhin shuttle bus aja!” Mungkin itu yang ada di batin mereka.

Kami memulai proses check-in di airport dengan sangat waswas. Malam hari, kami baru menemukan aturan jika bagasi dengan berat diatas 32 kg harus lapor ke airlines minimal 3 hari sebelum keberangkatan! Alhamdulillah, kekhwatiran kami tidak terjadi. Proses check-in lancar tanpa ada masalah dengan airlines. Bagasi kami hanya kelebihan 0,5 kg!


Tarik nafas lega dan enjoying the flight? Tunggu dulu. Masih ada 1 proses lagi yang harus kami lewati dan ini mungkin titik yang paling sangat krusial. Pabean dan Customs di Jerman. Meskipun bisa saja kita melenggang tanpa deklarasi customs kami tidak mau melakukan hal itu. Kami ingin semua proses dimulai dari hal yang baik dan benar. Kami akan melaporkan barang bawaan kami berikut dengan proforma invoice nya.

Hal ini meyakinkan kami jika industri boardgame memiliki banyak sekali PR yang harus segera diselesaikan dan dibenahi. Mulai dari desain kreatif, regulasi, teknis produksi hingga distribusi.

Pelaut hebat tidak akan lahir dari laut yang tenang, semoga kesulitan ini akan menumbuhkan dan melahirkan para pegiat boardgame Indonesia yang liat, kuat, dan tidak manja. Kita tak boleh mengeluh tentang angin, kita yang harus bersiap menyesuaikan layar.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!