Designer Log Event

Board Game Indonesia Mapir Ke Ajang Playtest di Taipei

Bagikan:

Matahari yang bersinar cerah pada hari minggu beberapa pekan lalu (19/3) semakin menambah semangat masyarakat di Taipei. Setelah jarum jam menunjukan pukul 14:00 WIB atau 13:00 waktu Taipei, salah satu gedung aula olahraga di National Taipei University of Education mulai dipenuhi orang. Mulai dari anak-anak setingkat taman kanak-kanak hingga orang tua yang sudah memiliki cucu.

Mereka datang ke TBD (Taiwan Boardgame Design) Playtest, yaitu suatu kegiatan playtest rutin tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat. Di event ini pengunjung saling bercanda dan menghibur satu sama lain, tanpa perlu perkenalan yang lama. Board game memang salah satu hiburan yang bisa mengakrabkan banyak orang tanpa butuh waktu lama.

TBD Playtest 2017
TBD Playtest 2017

Lantas kenapa TBD Playtest penting?

Di event ini pengunjung bisa mngujicobakan berbagai macam board game yang belum tersedia di pasaran, dengan kata lain board game yang masih dalam bentuk purwarupa atau prototype. Tujuan diadakannya event ini adalah memang untuk menjadi ajang uji coba apakah game yang dibuat oleh para desainer sudah mampu menghibur para pemain atau belum.

Dari kegiatan tersebut para desainer akan mendapatkan banyak kritik dan saran, sehingga mereka bisa memperbaiki kekurangan yang ada pada game buatan mereka. Selain itu tak jarang juga ada pimpinan perusahaan besar, investor, dan media yang mampir kesini.

Memang bisa dilihat secara kasat mata bahwa lingkungan board game Taiwan sudah terbentuk lebih dulu ketimbang di Indonesia. Namun tidak dipungkiri juga bahwa board game di Indonesia juga tumbuh pesat, salah satunya dengan hadirnya APIBGI; Asosiasi yang menaungi penggerak boardgame di Indonesia.

Baca juga: Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia

Tepat sebelum event berlangsung, TBD mengadakan hackathon khusus untuk game design selama 3 hari. Seperti halnya pada Board Game Challenge 2015 yang diadakan Kompas dan Kummara Studio, di akhir acara hackaton tersebut terpilih beberapa desain terbaik untuk beberapa kategori. Dari situ pula akan hadir beberapa boardgame dari masyarakat. TBD playtest sendiri dihadiri oleh lebih dari 20 tim desainer, yang terbagi di lebih dari 40 meja untuk playtest.

Zombie Space
Zombie Space – Inlander

Lalu, apakah ada board game Indonesia di TBD Playtest?

Ada! Mungkin beberapa dari pembaca sudah ada yang pernah memainkan Zombie Space? Yup! Zombie Space! adalah salah satu game buatan teman-teman dari Semarang. Melakukan playtest hingga sampai ke negeri orang memang suatu pengalaman yang tak tergantikan.

Harapannya mungkin saja dengan kultur masyarakat yang berbeda dari Indonesia, bisa didapat juga umpan balik yang beda. “Nggak nyangka ternyata banyak orang yang suka dengan game Zombie Space. Malahan ada publisher yang tertarik untuk kita agar presentasi ke mereka.”, ujar salah satu desainer Zombie Space.

Zombie Space
Zombie Space

Zombie Space sendiri bercerita tentang para Zombie yang ketakutan dan melarikan diri dari manusia. Mereka menyusup ke roket antariksa yang digarap oleh NAZA (Nation Anti-Zombie of America). Namun roket mengalami kelebihan beban dan semua benda di roket harus dibuang satu persatu. Para Zombie tersebut harus bertahan dan menghindar agar jangan sampai terbuang. Ya! Kita bermain sebagai Zombie! Penasaran? Tunggu artikel berikutnya ya 😉

Semoga makin banyak game Indonesia di kancah internasinal ya teman-teman, mari berjuang bersama!
Kumpulan foto bisa dilihat disini: link. Fan page Zombie Space : link.

Ditulis dari Taipei.

Bagikan: