Headline Komunitas

WOW! Kerennya Membuat Board Game Original dari Limbah Kertas!

Bagikan:

Depok (03/03). Apakah kalian pernah sedang bermain boardgame lalu terpikir untuk mencoba membuat board game sendiri? Nah itulah yang dilakukan oleh teman-teman yang mengikuti kelas “Boardgame Crafting Class” yang di Code Margonda selama bulan Februari kemarin.

Selama kelas ini, teman-teman dari Enigami Papers​ mengajak peserta untuk merancang boardgame karya mereka sendiri lalu memproduksinya dengan teknik-teknik pengolahan kertas bekas dan barang tak terpakai lainnya.

Pada pertemuan pertama, para peserta mendapatkan sedikit penjelasan tentang apa itu boardgame dan beberapa contoh boardgame yang ada di pasar. Selain penjelasan, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bermain berbagai boardgame untuk membiasakan diri lho! Mereka mencoba beberapa permainan seperti Laga Jakarta, Waroong Wars, dan Aquatico.

Setelah merasakan serunya bermain boardgame, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang akan merancang dan membuat boardgame mereka sendiri! Ada yang merencanakan untuk membuat permainan semacam Werewolf, ada yang ingin membuat permainan yang membangkitkan kesadaran pemain tentang pentingnya hutan.

Selama dua pertemuan berikutnya peserta mendapatkan bimbingan bagaimana cara mengolah kertas bekas dan bahan yang tidak terpakai lainnya. Sambil belajar tentang pengolahan kertas bekas, peserta juga mendapatkan bimbingan tentang cara membuat boardgame yang seru dan mudah dimengerti.

Pada minggu terakhir, semua peserta berkumpul untuk menunjukkan dan memainkan board game hasil karya satu sama lain. Serunya!

“Kami sangat puas dengan keseriusan peserta boardgame crafting class, ide original dari mereka dipadu dengan riset kecil-kecilan menghasilkan karya yang menarik. Tak disangka, ketika mencoba memainkan boardgame karya mereka, ternyata seru banget!” ujar Sarudi Putra, pendiri Enigami Papers,

“Sangat disayangkan hasil karya mereka jika terputus pada pertemuan di kelas. Kami berharap, ada pihak luar yang melirik boardgame mereka dengan menjadikan boardgame tersebut dapat diredesign dan diproduksi massal agar lebih banyak lagi masyarakat Indonesia merasakan keseruannya.”

Nah! Rugi kan kemarin melewatkan acara ini. Makanya, selalu mampir ke Boardgame.id ya biar kamu nggak kelewatan berita hangat dan acara-acara seru lainnya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk ikut bermain board game? Atau, kamu juga punya cerita seru di sesi main board game yang kamu ikuti? Kirimkan saja tulisannya ke info@boardgame.id, kami akan dengan senang hati mempublikasikannya ke pembaca setia Boardgame.id

Bagikan:
Yudhistira G.S.
Designer, Developer, Board Game Enthusiast, Data Scientist (in the making) and Homeschooler. Forever learner, forever DM and use water as fuel source.