Event Kabar Industri Komunitas

Board Game Quest, Mari Level-Up Di Industri Board Game Tanah Air

Bagikan:

Board game bisa dibilang sudah mulai ada dibenak masyarakat. Bila ditanya tentang board game itu ada apa saja, jawaban Monopoli dan Ular Tangga mungkin sudah semakin berkurang. Di satu kota kecil di Jawa Tengah, sekelompok muda-mudi mencetuskan suatu ide bagaimana caranya agar tumbuh kembang industri board game Indonesia semakin pesat dan terjaga. Akhirnya mereka membuat Board Game Quest, sebuah tajuk acara yang diprakarsai oleh Komunitas Game Development (GameDev) di kota Salatiga.

bgquest

Komunitas GameDev telah berdiri sejak tahun 2006 yang dibentuk olek mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana. Komunitas ini memiliki banyak sekali produk yang telah dibuat oleh mahasiswa anggota komunitas. Berbagai macam lomba nasional dan internasional telah Komunitas GameDev ikuti dan keluar sebagai juaranya. Selain digital game, produk Tabletop Game (Board Game dan Card Game) termasuk salah satu yang menjadi produk andalan Komunitas GameDev. Inisiasi Board Game Quest tentu sejalan dengan tujuan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia yang akan menjadikan tahun 2016 ini sebagai awal perkembangan board game Indonesia.

Board Game Quest memiliki beberapa agenda seperti seminar perkembangan industri board game dan juga workshop untuk board game design. Untuk Board Game Quest edisi perdana yang bertajuk “Mission I: The Beginning” akan digelar selama dua hari dari hari Senin tanggal 24-25 Oktober 2016. Untuk sesi seminar dan workshop akan dilangsungkan pada hari pertama dengan Andre Dubari dari Manikmaya Games dan juga Eko Nugroho selaku pendiri Kummara Game Design Studio asal Bandung akan secara ekslusif menjadi pembicara atau pemberi materi kali ini.

board-game-quest-poster

Kuota untuk seminar dan workshop dibatasi hanya untuk 40 peserta saja, biaya registrasinya tidak terlalu mahal hanya Rp 15.000 untuk memperdalam ilmu seputar board game. jika tertarik ingin mendaftar bisa hubungi Yovita di 085747866640.

Hari kedua, Board Game Quest akan mengundang komunitas board game di Jawa Tengah (Salatiga, Solo, Semarang dan Yogyakarta) untuk hadir dalam sesi board game gathering. Gathering ini bertujuan menjadi wadah diskusi dan juga sharing untuk para kreator dari kota-kota tersebut. Tentu agar pertumbuhan industri board game tanah air makin matang maka hal-hal baik harus dilakukan bersama-sama. Kedepannya, Board Game Quest akan diagendakan untuk menjadi acara tahunan oleh Komunitas GameDev Salatiga.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!