Headline Kabar Industri

Board Game Kembali Rajai Kategori Game di Kickstarter Tahun 2017

Bagikan:

Setelah 12 bulan kickstarter berjalan di tahun 2017, rupanya kategori game kembali menuai banyak kesuksesan. Pertengahan tahun lalu saja, seperempat total dana yang terkumpul di Kickstarter berasal dari ranah board game.

Bahkan, perlonjakan dana yang cukup besar sudah terjadi sedari awal tahun lalu berkat proyek board game berjudul Death: Monster 1.5, yang berhasil meraup dana Rp167 M dan melengserkan Dark Souls: The Board Game sebagai board game yang paling banyak terdanai melalui Kickstarter.

Proyek Kingdom Death tahun 2017 di Kickstarter
Proyek Kingdom Death di Kickstarter

Proyek besar berikutnya di tahun 2017 diikuti dengan munculnya Rising Sun yang sudah banyak diantisipasi oleh komunitas board game dunia. Dibuat oleh perancang gim kenamaan, Eric M. Lang (Blood Rage, Arcadia Quest), proyek ini menuai Rp54 M. Lalu ada gabungan proyek reprint sekaligus ekspansi dari 7th Continent yang menyumbangkan Rp95 M.

Kepala sektor Games di Kickstarter, Luke Crane, lewat twitternya menyampaikan ada 2.997 dari 7.033 proyek yang sukses terdanai khusus untuk kategori Games (Video dan Tabletop Games). Tahun 2016, hanya 2.595 proyek yang berhasil.

Meski Kickstarter belum memberikan laporan resmi bagaimana status detail pendanaan video game dan tabletop game secara spesifik, Crane menyatakan kalau dari 726 ribu penyumbang dana, 73%-nya (atau sekitar 528 ribu orang) mendukung proyek board game.

Menariknya lagi, menurut data dari Kickstarter yang dikirim ke situs Polygon, jumlah dana yang terkumpul di akhir tahun 2017 untuk ranah game naik 29% dibanding tahun sebelumnya, dari Rp1,7 T menjadi Rp2,2 T. Board game menyumbang 83% dana tersebut dengan Rp1,86 T, sedangkan video game hanya Rp232,87 M.

Lalu Crane juga mengkonfirmasi bahwa tabletop game, selain menjadi menopang dana yang cukup besar untuk kategori game, ia melihat lebih banyk proyek yang muncul dan sukses dari tahun ke tahun dan tentu dengan jumlah uang yang juga lebih banyak.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!