Komunitas

Board Game Mudahkan Pelaku Startup Menjalankan Bisnis

Bagikan:

Depok (25/11). Di bawah terik matahari yang kian menyengat, beberapa muda-mudi ini tetap semangat memenuhi acara yang digelar oleh Catgeist di Depok Town Square. Di ruangan yang terletak pojok lantai paling atas Mall, terdapat sebuah coworking space bernama Code Margonda yang menjadi tempat dijalankannya acara.

Acara yang diberi tajuk “Entering the Startup Universe Through Boardgaming” mengundang Eko Nugroho (Game Designer & CEO Kummara Studio) sebagai pembicara utama. Tepat jam dua siang, sebelum Eko memulai presentasinya, ia mengajak peserta  bermain werewolf versi reverse, di mana manusia yang malah masuk ke desa werewolf.

Eko presentasi Startup
Eko Nugroho memberikan presentasi terkait potensi dan hal baik dari bermain board game

Sesi ‘pemanasan’ ini dimanfaatkan untuk mencairkan suasana sekaligus untuk memberi kesempatan para peserta untuk berimajinasi, bahwa ketika menjalankan startup akan sangat sering sekali terjadi perubahan dan kadang hal itu terjadi begitu saja tanpa disadari.

Usai pemanasan, Eko memulai presentasi yang menjelaskan mengenai potensi dan hal-hal baik yang bisa didapatkan dari bermain (board game). Di antaranya memberikan kesempatan pemain untuk menyusun strategi dan membuat keputusan yang tepat tanpa takut gagal yang mana selaras dengan salah satu dari empat kebebasan yang didapat dari bermain, yaitu Freedom to Fail.

Waktupun telah menunjukkan pukul 16.00 WIB yang kemudian acara berlanjut ke sesi bermain. Para peserta bisa langsung menjajal berbagai board game yang tersedia. Menariknya, selain board game luar negeri seperti Codenames dan Concept yang dibawa oleh Castle8 (board game cafe di Depok), board game asli Indonesia juga tidak ketinggalan untuk dimainkan lho!.

Terlihat beberapa peserta memainkan Aquatico dari Manikmaya Games dan Kakak Teladan Episode Belanja dari C&Co Fun Factory. Lebih serunya lagi, ada board game berjudul Business Craft yang mengajak pemain untuk berinovasi jika tidak mau bisnis startupnya ketinggalan. Lalu ada board game yang masih berupa prototype yang dikembangkan oleh Masbro (Laga Jakarta), di mana para pemain diminta untuk mengembangkan aplikasi.

Semoga sesi bermain dari acara yang diprakarsai oleh Catgeist ini bisa membuka sudut pandang baru dari para pelaku startup untuk menjalankan bisnisnya agar lebih matang lagi. Good luck guys!

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!