Kabar Game

Board Game Sukses Mengungguli Video Game di Kickstarter!

Bagikan:

Platform urundana /crowdfunding ternama, Kickstarter, baru-baru saja melansir posisi proyek-proyek terkait industri game sepanjang tahun 2015.  Disebutkan 978.000 pendana (disebut dengan istilah backers) setidaknya berpartisipasi untuk mendukung pendanaan proyek-proyek game dalam Kickstarter dengan nilai total lebih dari $144.4 juta. Angka fantastis tersebut mengindikasikan peningkatan jumlah backers dan dana terkumpul hampir dua kali lipat dari tahun 2014!

Lebih menarik lagi, tagline “Board Game Renaissance” yang digadang-gadang netizen dari seluruh dunia seolah semakin ditegaskan dalam data tersebut karena proyek di ranah tabletop / board game sukses mengungguli dana yang terkumpul di video game dengan rentang hampir dua kali lipatnya.

Tahun 2015 dalam angka di pr0yek game Kickstarter
Tahun 2015 dalam angka di proyek game Kickstarter. Gambar: Kickstarter

Platform urundana memang dalam beberapa tahun belakangan sangat populer dimanfaatan oleh para kreator dari seluruh dunia untuk didanai oleh pendana dari seluruh dunia pula. Masih dari platform yang sama, Kickstarter, disebutkan dalam tahun 2014 saja setidaknya terkumpul total 3.3 juta pendana dari seluruh dunia mengumpulkan total dana sebesar setengah juta dollar, atau sekitar $1000 terkumpul permenit. Proyek board game dan video game diakumulasikan dalam kategori game merupakan kategori ketiga dengan pendanaan terbesar di tahun 2014.

Perbandingan proyek board game dan video game di 2013
Perbandingan proyek board game dan video game di 2013

Data di atas yang dipublikasikan di Gamasutra menggambarkan peningkatan signifikan dari proyek board game di Kickstarter, dari tidak sampai setengah nilai proyek video game di 2012, berhasil menyamai di tahun 2013. Data ini, ditambah data terbaru tahun 2015 jelas mengindikasikan animo masyarakat dunia terhadap produk board game yang semakin meningkat.

Tahun 2015 di Kickstarter juga menyajikan banyak cerita bombastis di proyek-proyek board game. Seperti Exploding Kitten, satu proyek usungan The Oatmeal yang sukses menarik 219.382 backers dan dana sebesar lebih dari 8 juta dollar. Angka tersebut berarti Exploding Kitten dibiayai sebesar 800 kali lipat dari kebutuhan minimalnya yaitu $10.000! Pencapaian yang menjadikannya pemegang rekor jumlah backers terbanyak di platform Kickstarter, serta proyek game yang paling besar mendapatkan pembiayaan.

Kisah lainnya juga bukan sedikit yang sama fantastisnya seperti proyek board game Scythe yang diusung oleh Stonemaier Games. Proyek dengan visualisasi yang sangat indah ini sukses terdanai hanya dalam 3 menit 45 detik! Mengumpulkan total 1.8 juta dollar, proyek ini terbiayai setidaknya 54 kali lipat dari kebutuhan minimumnya sebesar $33.000 .

Proyek Board Game Scythe dari Stone Maier Game di Kickstarter
Proyek Board Game Scythe dari Stonemaier Games di Kickstarter

Aspek collectible, produk fisik yang tangible, dan kemampuannya untuk mengumpulkan beberapa pemain untuk berinteraksi dalam proses manajemen strategi dan sumberdaya yang intens memang menjadikan board game tetap memiliki daya tarik yang kuat bahkan di era dijital seperti sekarang ini. Jika setelah membaca artikel ini kamu masih belum coba bermain board game bersama rekan-rekanmu, pastikan kamu harus melakukannya tahun 2016 ini! Ada banyak komunitas pemain board game di sekitar kamu yang akan dengan sangat senang hati mengenalkan banyak tipe dan judul board game yang bisa kamu mainkan.

Baca juga:

Dragon Racer, Pacu Nagamu Hingga Garis Finish Balapan dengan menunggangi kuda itu sudah biasa. Lalu, bagaimana kalau kamu diberi kesempatan untuk balapan dengan menunggangi naga?. Sekilas mungkin ...
Solomon Kane, Board Game Terbaru dari Mythic Games Ini Hadir dengan Video Trailer yang Mengesankan! Video menjadi satu bentuk media yang kini banyak digunakan para publisher board game untuk mempromosikan board game terbaru mereka. Terutama board gam...
Sejak Berhenti Bekerja, Pria Ini Malah Jadi Milyarder dengan Menjual Board Game Buatannya Setiap individu mengartikan board game menjadi sesuatu yang berbeda-beda, ada yang bilang board game membuat mereka menjadi lebih dekat dengan teman d...
Bagikan:
andredubari
boardgame enthusiast. spreading the joy and happiness of #playtogether at Manikmaya Games. will be willingly to share a board game session and a cup of coffee anytime you visit Bandung.
http://www.manikmaya.com