Kabar Game

Celebes – The Anomalous Island, Meneliti Flora & Fauna Di Sulawesi

Bagikan:

Kemarin boardgame.id telah mengumumkan para pemenang kompetisi Kompas Ring of Fire Board Game Challenge (RoF BGC). Dari tiga pemenang yang disebutkan pasti penasaran kan, bagaimana gameplay dan mekanik permainannya ? dan apa yang menarik dari setiap permainan tersebut. Pada kesempatan ini, boardgame.id akan memberikan gambaran bagaimana overview permainan dari Celebes – The Anomalous Island, board game yang mendapat juara 3 pada RoF BGC.

Cerita

Celebes The Anomalous Island di desain oleh tim dari Solo yaitu Erwin Skripsiadi dan Eko Heri. Mereka juga merupakan dua dari empat designer yang membuat Pagelaran Yogyakarta board game. Permainan berkisah tentang tim peneliti dan botanis (para pemain) yang datang mengunjungi pulau Celebes (Sulawesi) untuk memperingati 100 tahun ke datangan Alfred Russell Wallace. Pada hari peringatan tersebut, para botanis berlomba untuk mencari data tentang flora & fauna endemik yang tersebar di Sulawesi.

Celebes Komponen
Game & Komponen Celebes | Foto: Kompas
Penjurian Celebes
Sesi penjurian Celebes di kantor Kompas (26/5) | Foto: boardgame.id

Gameplay Overview

Celebes menawarkan permainan yang bisa dinikmati oleh keluarga, bisa dimainkan untuk 2-4 pemain. Mekanik utama dari permainan ini adalah point-to-point movement dan set collection. Setiap pemain akan dibekali satu set kartu logistik, token botanis dan uang. Tugas pemain adalah bergerak ke satu titik ke titik yang lain untuk mendapatkan data flora & fauna endemik di sana. Setiap giliran pemain akan memainkan satu kartu logistik, nantinya nilai yang tertera pada kartu akan menjadi tambahan modal perjalanan pada giliran ini. Jika ingin mengambil data, mereka harus membayarkan sejumlah uang untuk bisa meletakkan botanisnya ke papan permainan mengikuti jalur yang sudah ada. Pemain akan mendapat kartu flora/fauna jika berhasil meletakkan botanisnya di area yang baru.

Diawal putaran akan ada satu kartu peristiwa yang dibuka, kartu ini bisa merubah kondisi permainan dan merubah taktik pemain. Permainan berakhir ketika kartu peristiwa yang terakhir telah dijalankan. Pemain akan mendapat poin bila memiliki set kartu tertentu. Namun, set baru dihitung bila jumlahnya lebih dari tiga kartu yang jenisnya sama. Bila dalam satu set hanya terdapat satu atau dua kartu, nilainya tidak hitung atau dianggap hangus.

 

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!