Kabar Game

Lupakan Baca Rulebook, Sekarang Ada Aplikasi yang Akan Mengajarimu Cara Bermain Board Game

Bagikan:

Bagi beberapa orang, membaca dan memahami buku peraturan permainan (rulebook) menjadi tantangan tersendiri. Apalagi di Indonesia yang terdaftar sebagai negara dengan tingkat baca rendah. Ditambah lagi, biasanya rulebook board game luar negeri ditulis dalam bahasa asing, mencerna rulebook jadi tambah susah. Kalau rulebook tidak dibaca, kamu jadi tidak tahu cara mainnya.

Alternatifnya kamu mencoba mencari video tutorial yang tentu juga menggunakan bahasa asing. Atau paling efektif adalah mencari teman yang dengan senang hati mengajarimu cara bermainnya. Tapi bagaimana kalau temanmu sedang sibuk atau mereka juga belum tahu cara mainnya mengajarimu?

Tenang, Playmore Games, sebuah studio asal Finlandia yang pernah menerbitkan board game Race to the North Pole tengah mengembangkan aplikasi bernama Dized. Lewat aplikasi ini kamu bisa belajar cara memainkan suatu game dengan cara yang menyenangkan.

Kreator aplikasi Dized
Jouni Jussila, kreator Dized | Foto: tabletoptribe.com

Ide dari aplikasi ini adalah mampu mengajarkan pemain peraturan permainan sambil mereka bermain. Aplikasi yang hadir untuk perangkat Android dan juga iOS ini menawarkan cara yang interaktif dalam mempelajari rulebook. Bedanya, aplikasi ini akan memberikan instruksi tertentu begitu pemain akan melakukan suatu aksi, dengan kata lain pemain bisa langsung sambil terjun memulai permainan.

Peraturan permainan yang tersedia bisa disesuaikan dengan jumlah pemain yang ada, ekspansi apa saja yang dipakai hingga skenario mana yang sedang dimainkan. Beberapa board game populer seperti: 7 Wonders, Carcassonne, Blood Rage, Scythe, Kingdomino and Queendomino, Bang!, dan Ice Cool akan terdaftar dalam Dized.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur subtitle beserta suara, jadi benar-benar serasa diajari oleh seseorang. Adapun fitur pencarian dan FAQ, sehingga pemain bisa langsung mencari peraturan bagian tertentu. Atau, ketika terjadi perdebatan dengan temanmu soal cara main, mereka bisa dengan mudah mencari klarifikasinya.

Belajar bermain Carcassonne lewat Dized | Gameosity.com

Kehebatan Dized tidak hanya sampai di sini saja. Aplikasi ini juga mampu mampu memperlihatkan data berapa jumlah game yang dimainkan oleh temanmu serta hasilnya, berapa kali dia kalah atau menang. Tak kalah penting, Dized juga memberikan fitur berupa pencarian teman main, kamu juga bisa mengatur jadwal meet-up dengan mereka untuk menentukan kapan tanggal mainnya.

Saat ini Dized sedang membutuhkan bantuanmu agar aplikasi ini benar-benar terwujud. Playmore Games tengah menggalang dana lewat Indiegogo. Hingga artikel ini turun, Dized telah berhasil mengumpulkan Rp 868 juta dari target awal Rp 675 juta.

Kedepannya aplikasi ini untuk menggunakan koin (credit) untuk langganan selama satu bulan untuk mendapatkan akses penuh atau langganan satu judul game untuk seumur hidup. Masih ada waktu 10 hari lagi kalau kamu ingin mendukung dan memiliki Dized. Paling murah, kamu bisa mendukung proyek ini dengan menyumbangkan Rp 121.000 untuk mendapatkan 6 koin credit.

Segera kunjungi kampanyenya di Indiegogo.

 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!