Kabar Game

Dragon’s Breath, Nafas Api Naga Ini Berhasil Lelehkan Hati Juri Kinderspiel des Jahres 2018

Bagikan:

Seperti yang sudah dijanjikan oleh para juri, tanggal 11 Juni kemarin baru saja diumumkan board game yang berhak menyandang penghargaan sebagai Kinderspiel des Jahres 2018 (Game Anak-Anak Terbaik 2018). Siapakah dia?

Berjudul Funkelschatz atau Dragon’s Breath, board game anak-anak ini berhasil menyingkirkan dua pesaingnya yaitu, Panic Mansion dan Emojito. Ya! Rupanya sang naga tidak hanya bisa melelehkan es dengan nafas apinya, tapi juga para juri.

Baca juga: Nominasi Judul-Judul Board Game Terbaik Tahun 2018 Sudah Muncul!

Dragon’s Breath bercerita tentang anak-anak naga yang terkesima melihat keindahan permata. Sayangnya permata ini membeku dan berada dalam es tebal. Untungnya Ayah dari para naga kecil ini datang dan menyemburkan nafas apinya. Alhasil naga-naga kecil bisa mengumpulkan banyak permata.

Permainan dimulai dengan pemain menumpuk 9 cincin plastik menjadi kolom dan mengisinya dengan token-token permata. Setiap awal giliran, para pemain memilih warna permata kemudian perlahan melepas satu cincin plastik dari tumpukan. Permata akan berjatuhan dan pemain hanya boleh mengambil permata sesuai warna yang sudah dipilihnya.

Tentu, permainan selesai begitu cicin atau es terakhir sudah meleleh. Pemain yang cerdik memilih warna dan berhati-hati saat mengambil cicin dan mendapatkan es terbanyak adalah pemenangnya. Oiya, ada lubang di sekitar es, jadi tidak semua permata bisa diambil.

Diterbitkan oleh HABA, Dragon’s Breath dirancang oleh ayah dan anak Günter dan Lenda Burkhardt. Mereka berhasil menggabungkan cerita yang mudah diterima anak-anak dengan mekanik permainan klasisk nan sederhana dan dilengkapi dengan komponen yang menarik.

Game ini bisa dimainkan untuk anak-anak di atas 5 tahun dengan jumlah maksimal 4 pemain. Satu game bisa diselesaikan hanya dalam 15 menit. Saat ini HABA memasarkanya dengan harga 15 Euro atau 250ribu rupiah. Dengan begini, game ini memang cocok dinobatkan sebagai Game Terbaik Anak-Anak tahun ini.

Sedikit mengingatkan, pengumuman kategori Game Terbaik dan Game Mahir Terbaik 2018 akan diumumkan bulan depan, tepatnya tanggal 23 Juli mendatang. Dan tahun ini juga akan ada penghargaan spesial yang diberikan kepada Pandemic Legacy Season 2 yang sudah menjadi inspirasi game-game legacy lainnya.

Selain Emojito dan Panic Mansion yang masuk nominasi, para juri juga merekomendasikan untuk menjajal game anak-anak lainnya yang tak kalah seru, antara lain ada: Dino WorldThe Legend of the WendigoRhino Hero Super BattleSOS Dino, dan Speed Colors.

Baca juga: Pinguin-Pinguin Nakal Ini Raih Penghargaan Game Anak Terbaik Tahun 2017

Sudah siap memainkan Dragon’s Breath dengan adek-adek, keluarga dan putra-putrimu? Sumber: Spiel des Jahres

Baca juga:

Nominasi Judul-Judul Board Game Terbaik Tahun 2018 Sudah Muncul! Tahun 2018 sudah memasuki bulan Mei. Industri board game di Jerman punya agenda khusus di bulan ini. Mereka mengumkan judul-judul board game yang masu...
Devir Games Akan Rilis “PAPUA” dan Dua Judul Terbaru di Q4 Tahun Ini Game publisher asal Spanyol, Devir Games telah mengumumkan sejumlah board game yang akan mereka luncurkan di kuartal keempat tahun ini. Total ada tiga...
Inilah Daftar Nominasi Ajang Penghargaan Spiel des Jahres 2017 Spiel des Jahres merupakan sebuah ajang penghargaan paling bergengsi yang akan diberikan pada board game ataupun card game terbaik. Ajang pemilihan ga...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!