Kabar Game Opini

Dream Catchers: Bantu Anak-Anak Ini Bermimpi Indah Sebelum Fajar Menyingsing [Review]

Bagikan:

Hits: 0

Kamu pasti pernah mengalami mimpi buruk ketika tidur. Kamu bisa mendadak terbangun karenanya, tidurmu tak lagi nyenyak. Namun, tak jarang juga kamu bermimpi indah dan membuatmu tiba-tiba tersenyum.

Tahukah kamu, ternyata ada peri-peri yang menjaga kita di saat mata kita tidak lagi terjaga. Peri-peri ini berusaha menangkap mimpi-mimpi indah untuk kita sembari mengusir mimpi-mimpi buruk.

Nah! kamu bisa merasakan langsung bagaimana peri-peri penangkap mimpi ini beraksi dalam board game Dream Catchers. Pada kesempatan ini Boardgame.id akan mengulas tuntas serunya permainan yang diterbitkan oleh Play Nation.

Impresi Awal

Lagi-lagi, ilustrasi yang tergambar di cover bagian depan box berhasil menyita perhatian saya. Gambarnya lucu! Temanya juga menarik dan tidak biasa. Cerita-cerita fantasi tentang mimpi paling bisa ditemukan dalam film Monsters, Inc. dan prekuelnya.

Board game ini ternyata diterbitkan oleh publisher asal Singapura, Play Nation Studios yang awalnya merupakan sebuah board game cafe. Gabriel Leow yang merupakan pemilik cafe ternyata menjadi dalang terciptanya Dream Catchers ini.

Bisa dimainkan untuk 2-4 pemain dengan mekanisme kooperatif selama kurang lebih 30 menitan. Untuk gambar, Ping Tim Sing bekerja bagus dalam debutnya mengerjakan ilustrasi untuk board game. Seperti apa permainannya? Yuk cari tahu cara mainnya berikut ini.

Cara Bermain

Di awal permainan pemain memilih tingkat kesulitan yang digambarkan melalui papan bergambar anak dan kamar tidurnya. Ada bintang satu (paling mudah) sampai bintang empat (paling susah). Lalu pemain memilih kartu peri secara acak, tiap peri memiliki kemampuan yang berbeda.

Setiap giliran dan bergantian, pemain bisa melakukan dua kali aksi dari empat pilihan aksi berikut:

a. Tukar kartu: Pemain boleh menukar kartu miliknya dengan pemain lain.
b. Menangkap mimpi indah: Pemain menangkap mimpi indah (kartu mimpi berwarna hijau) dengan cara membayar kartu dengan simbol tertentu. Tiap kartu mimpi indah yang ditangkap akan menggeser token mimpi indah ke arah kiri. Jika marker ini menyentuh kotak ujung paling kiri papan, semua pemain menang.
c. Menangkap mimpi buruk: Pemain menangkap mimpi indah (kartu mimpi berwarna merah) dengan cara membayar kartu dengan simbol tertentu. Semakin banyak kartu mimpi yang terbuka akan membuat anak sering mengalami mimpi buruk.
d. Menangkap Monster: Sejalannya waktu, akan ada monster yang muncul dan menghilangkan mimpi-mimpi indah sebelum sempat pemain tangkap. Monster ini bisa dikalahkan dengan memilih aksi ini, lebih tepatnya dengan membayar tiga kartu dengan simbol tertentu dan melempar dadu. Jika angka dadu lebih rendah daripada angka kekuatan monster mereka tidak akan hilang. Jika ada tiga monster yang belum terkalahkan, semua pemain kalah.
(aksi gratis): pemain boleh menggunakan kemampuan spesial dari peri yang mereka kendalikan.

Usai memilih dua aksi (boleh melakukan aksi yang sama), pemain aktif akan melewati fase malam yaitu dengan melakukan urutan hal-hal berikut:

1. Geser waktu: Geser token waktu ke arah kiri, jika token ini berada di kotak paling kiri artinya fajar telah menyingsing. Anak akan terbangun tanpa mendapat mimpi indah yang cukup, artinya semua pemain kalah.
2. Monster menyerang: Jika token waktu memasuki kotak yang terdapat token monster, ambil kartu monster dari tumpukan dan buang semua mimpi indah yang memiliki simbol yang sama dengannya.
3. Muncul mimpi baru: Kartu-kartu mimpi yang tertangkap atau terbuang akan meninggalkan tempat kosong. Isi kembali hingga ada 3×3 kartu mimpi di area permainan.
4. Mimpi buruk menyerang: Jika ketika mimpi baru muncul dan yang muncul adalah mimpi buruk, dan mimpi buruk ini bertemu dengan kartu mimpi buruk lainnya dengan simbol yang sama. Buang kartu-kartu ini lalu memundurkan token Nightmare ke arah kiri. Jika token Nightmare berada di kotak paling kiri, semua pemain kalah.

Bantu Lily dapatkan mimpi indah

Selesai melewati fase malam, giliran berpindah ke sebelah kiri pemain. Ingat! karena ini permainan kerja sama, pemain akan menang atau kalah secara bersamaan.

Impresi Akhir

Komponen dan Visual

Ukuran box Dream Catchers berukuran sedang dan tidak terlalu tebal, seukuran dengan Waroong Wars, Perjuangan Jomblo dan Monas Rush. Di dalamnya terdapat material komponen yang unik, mulai dari token waktu yang berbentuk jam pasir, token Nightmare berbentuk awan berpetir, token Mimpi indah berbentuk awan dengan motif bulan sabit & bintang, lalu token monster yang ya… berbentuk monster.

Permainan ini memiliki dua jenis kartu: Kartu mimpi dan monster yang berbentuk kotak, dan kartu lainnya seukuran standar Euro. Yang menarik tentu ilustrasi di setiap kartu-kartunya garapan Ping Tim Sing. Ada kesan abstrak (karena ini mimpi) namun juga playful untuk beberapa mimpi indah yang ceria.

Aksi

Sebagian besar aksi dalam Dream Catchers seakan menitikberatkan pada keberuntungan, kartu baru yang muncul tidak ada yang bisa diprediksi. Tapi tenang, pemain tidak sendirian karena ini permainan kerja sama. Beberapa kartu mimpi indah juga ada yang berhadiah yang berguna untuk menyelesaikan permainan.

Setiap aksi perlu didiskusikan matang-matang dengan teman mainmu, mimpi mana yang harus ditangkap. Optimalkan juga kemampuan khusus setiap peri.

Mimpi buruk menyerang adalah fase yang paling menyebalkan. Kembali lagi, pemain tidak akan tahu kartu apa yang akan ke luar berikutnya. Hampir mustahil fase ini bisa dilewati begitu saja. Ada probabilitas yang bisa dipelajari, semakin banyak kartu mimpi buruk yang terbuang artinya kartu yang masih tersisa adalah mimpi indah. Begitu pula sebaliknya.

Kesimpulan

Meskipun permainan ini mengambil tema mimpi dengan gambar dan karakter yang memanjakan mata, khususnya anak-anak, namun game ini bukan game anak-anak ya. Spesifikasi permainan ini secara jelas menyebutkan umur minimal yang direkomendasikan yakni untuk anak di atas 13 tahun.

Tujuan dari pemainan ini cukup jelas, yaitu berusaha menangkap sebanyak mungkin mimpi indah. Hal ini memudahkan pemain untuk memutuskan aksi apa yang harus ia lakukan di tiap gilirannya. Hanya saja pada prakteknya, pemain wajib mengutarakan rencana aksinya sebelum benar-benar menjalankannya.

Jika pemain saling terbuka dengan pendapat teman-temannya, berbagai rintangan dalam permainan ini harusnya tidak lagi jadi masalah. Dream Catchers cocok untuk kamu dan temanmu yang menginginkan permainan kooperatif yang menantang, mendebarkan plus dengan gambar yang lucu.

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Play Nation Studios yang telah memberikan review copy Dream CatchersOh iya, kabarnya Play Nation juga akan membawa Dream Catchers ke Kickstarter bulan ini. Jangan lupa dukung mereka ya!

Baca juga:

Zombie Fever: Hidup atau Jadi Zombie Di luar negeri, board game bertema zombie mungkin jumlahnya sudah hampir tak terhitung. Di Indonesia sendiri masih jarang kreator yang mengambil tema ...
Manikmaya Gelar Board Game Session di Singapura FastForward Board Games Society (FFBGS) mengundang Manikmaya Games, publisher board game asal Bandung menggelar board game session di kampus Nanyang T...
Minute Realms: Bangun Kerajaan dan Perkuat Benteng Dalam Hitungan Menit Selain datang untuk meliput, kehadiran Boardgame.id di Essen SPIEL 2017 juga untuk berjejaring dengan beberapa publisher dan para pelaku bisnis di ind...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!