Kabar Game

Keempat Variasi Dari Ekspansi Cities of Splendor Kini Terbongkar

Masih ingat dengan artikel boardgame.id yang mengulas munculnya ekspansi untuk board game Splendor awal bulan lalu? Yup! artikel itu memaparkan sedikit informasi empat varian baru yang bisa menambah keseruan ketika bermain Splendor.

Baca juga: Splendor Hadirkan Empat Kejutan Baru dalam Ekspansi Pertamanya

Nah! kali ini mari perjelas lagi detail aturan yang ditawarkan dari ekspansi pertama dari Splendor yang diberi judul Cities of Splendor ini. Sekali lagi, ekspansi ini berisi empat varian. Daripada makin penasaran, yuk disimak!

Cities of Splendor - the cities expansion Ekspansi 1:  The Cities

Ekspansi ini menawarkan kejaran baru dalam permainan, pemain tak lagi berlomba memenuhi keinginan para noble untuk mendapatkan bonus poin, melainkan memperebutkan tile sisi ganda yang mencerminkan sebuah kota.

Layaknya para noble, tile kota ini bisa didapatkan dengan mengumpulkan gem dengan jumlah dan warna tertentu. Biar tambah greget, pemain hanya bisa memenangkan permainan jika sudah pernah mengklaim salah satu tile kota ini.

Ekspansi 2: The Trading Posts

Cities of Splendor - the trading posts expansion

Memberikan modul baru bertajuk “Route to the Orient”, yaitu memunculkan papan permainan yang menggambarkan perjalanan darat ke benua Asia yang sangat menantang dan berbahaya.

Pemain bisa mendapatkan kemampuan spesial yang tersedia di papan Orient ini dengan mengumpulkan kartu-kartu pengembangan. Kemampuan ini bisa memberikan pemain taktik alternatif dalam mengembangkan tahapan strateginya.

Ekspansi 3: The Orient

Cities of Splendor - The Orient expansion

Menambahkan 30 kartu pengembangan yang melambangkan sumber daya yang terdapat di Asia Timur. Ekspansi ini juga memberikan kemampuan-kemampuan unik bagi pemain yang bisa mendapatkannya.

Bedanya dengan ekspansi kedua, ekspansi dua akan memberikan kemampuan bila pemain berhasil mengumpulkan beberapa kartu tertentu (lebih dari satu kartu) dan kemudian menukarnya dengan kemampuan khusus yang ada di papan. Sedangkan dalam ekspansi ketiga ini, pemain bisa langsung mendapatkan kemampuan unik bila berhasil mendapatkan satu kartu saja.

Ekspansi 4: The Strongholds

Cities of Splendor - The Strongholds expansion

Menghadirkan pion stronghold (benteng) ke dalam permainan yang mampu menciptakan pengalaman baru ketika pemain berinteraksi dengan pemain lain. Pion ini bisa digunakan untuk memesan kartu-kartu pengembangan agar tidak diambil pemain lain.

Setiap kali pemain berhasil mendapatkan kartu, ia boleh menambahkan pionnya atau menghilangkan pion dari pemain lain. Jika pemain bisa menyimpan tiga pion dalam kartu yang sama, ia boleh menaklukkan kartu tersebut (tidak perlu membayar gem lagi).


Bagaimana? sudah tidak sabar menjajal ekspansi ini dan merasakan banyaknya variasi yang seru? Nantikan ekspansi Cities of Splendor rilis dipasaran bulan Agustus mendatang.

Sumber: Asmodee

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung. Nice to meet you!