Advertorial Headline Opini

EMISI: Lindungi Bumi dari Emisi Karbon yang Berlebih [Review]

Bagikan:

Hits: 1

Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahayanya pemanasan global alias global warming atau climate change. Jika tidak segera diatasi bisa menjadi ancaman besar bagi bumi. Carbon Budget menjadi salah satu konsep yang dipegang oleh para ahli untuk meminimalisir dampak buruk dari climate change.

Konsep ini percaya jika bumi tidak mengeluarkan emisi karbon (CO2) lebih dari 1000 gigaton di akhir tahun 2050, bumi bisa bertahan lebih lama dari dampak climate change yang berbahaya. Secara teori, memperkirakan hasil konsep ini secara nyata mungkin susah, apalagi hasilnya juga baru kelihatan 30 tahun kemudian. Lalu bagaimana kalau di simulasikan saja dengan game?

Berjudul EMISI, board game berikut ini mungkin bisa mensimulasi apa yang dimaksud dengan konsep Carbon Budget di atas dengan cara yang seru. Penasaran? Boardgame.id akan mengulasnya pada kesempatan kali ini.

Impresi Awal

EMISI rupanya datang dari perancang asal Jakarta, Mahawira Dilon. Diterbitkan oleh FeiraTochi dan didukung oleh WWF. Tentu munculnya logo WWF pada kotak board game menjadi sinyal bahwa board game Indonesia diakui dunia.

Komponen

Terlepas dari logo, tema yang diangkat juga cukup serius. Apakah tema yang serius seperti Carbon Budget ini masih bisa dinikmati dan seru saat dimainkan? Hal ini jelas membuat saya penasaran bagaimana gamenya berjalan. Terlebih lagi ternyata game ini bisa dimainkan dari 2-6 pemain.

Cara Bermain

Dalam permainan ini pemain akan perperan menjadi negara dengan tujuan untuk mencapai misi masing-masing. Permainan akan berlangsung selama 6 ronde. Setiap ronde, masing-masing pemain secara bergantian memiliki kesempatan untuk menjalankan lima dari enam pilihan aksi berikut ini:

  1. Business as Usual: Pemain mengambil 2 uang dari kantong dan menambahkan dua token emisi ke papan.
  2. Survey: Ambil dua dan pilih satu kartu dari dek kartu Resource.
  3. Research: Ambil dua dan pilih satu kartu dari dek kartu Technology.
  4. Install: Pasang kartu dengan fungsi Flip/Discard di depan pemain.
  5. Activate: Aktifkan kartu Resource/Technology dengan fungsi Flip/Discard yang ada di depannya.
  6. Redirect: Aktifkan kartu dengan fungsi Direct dari tangan.
Area pemain

Pada awal giliran, pemain harus membuka kartu event untuk menerima takdirnya pada gilirannya ini. Di akhir ronde ke enam pemain menghitung skor dari kartu misi, koin, token emisi yang dikumpulkan dan dari kartu Technology & Kartu Resource yang terpasang.

Skor terbanyak akan menjadi pemenang. Akan tetapi jika di tengah-tengah permainan semua slot (40 slot) emisi pada papan permainan sudah terisi oleh 40 token emisi maka semua pemain dinyatakan kalah.

Impresi Akhir

Komponen

Game ini hadir dengan banyak sekali kartu dan token. Total ada lebih dari 200 kartu dan 300 token di dalamnya. Dibekali juga kantong warna kuning untuk menampung token koin dan kantong hitam untuk menyimpan token emisi. Ilustrasinya sendiri cukup menarik dan lucu, setiap objek digambar menyerupai potongan gambar yang ditempel di atas kertas.

Ratusan kartu

Aksi

Seperti yang disebutkan di atas, game ini memungkinkan salah satu pemain menang atau semuanya kalah. Otomatis, pemain harus bekerja sama untuk mengendalikan kadar emisi karbon yang ada di bumi jika tidak ingin kalah sembari memperhatikan misi masing-masing.

Meskipun terlihat kompleks dengan banyaknya komponen dan 6 pilihan aksi, namun setelah dicoba eksekusinya tidak terlalu membingungkan. Aksi-aksi yang ditawarkan sebenarnya sederhana, hanya ambil kartu; pasang/mainkan kartu; atau mengambil koin dan token emisi.

Kartu yang belum terpasang

Setiap kartu memiliki harga supaya bisa dipasang. Ada yang hanya membutuhkan koin, ada pula yang harus membutuhkan kayu dengan mengorbankan pohon. Pemain tidak perlu lagi membayar koin/sumber daya untuk kartu yang ingin dimainkan efeknya asal kartu sudah dipasang (ada di depannya), kecuali kartu dengan fungsi Direct.

Kesimpulan

Saat dimainkan, keterkaitan gameplay tema dan konten cukup kuat. Ada banyak insight yang dapat menumbuhkan kesadaran. Misalnya menanam pohon akan mengurangi emisi karbon, dan beberapa teknologi juga membantu untuk semakin banyak lagi mengurangi karbon, di sisi lain ada juga teknologi dan sumber daya yang justru menaikkan karbon.

Dalam buku aturan juga disebutkan, pemain memiliki lima aksi tiap ronde, dan permainan berlangsung selama enam ronde. Hal ini menggambarkan bahwa kita semua hanya punya waktu 30 tahun (5 aksi x 6 ronde) untuk menggapai target Carbon Budget.

Di sisi lain, konten yang dimasukkan ke dalam game ini menurut kami terlalu banyak, alhasil kartu-kartunya juga menjadi banyak. Orang awam mungkin akan mengira game ini ribet dan susah. Ada satu-dua konten yang agak kurang pas, seperti AEGIS SHIELD, sebuah tameng milik Zeus tiba-tiba muncul dalam permainan ini.

Meskipun begitu hadirnya kartu misi di permainan ini sangatlah membantu. Pemain jadi memiliki arah dan tujuan saat bermain. Hal ini penting apalagi jika ingin mengajak orang-orang baru untuk bermain.

Secara keseluruhan EMISI bisa dikatakan sebagai board game yang mampu mensimulasikan setiap aksi negara-negara di dunia. Di antaranya mungkin saja mengurangi atau malah meningkatkan emisi karbon di bumi pertiwi ini.

Permainannya cukup menyenangkan. Disarankan dimainkan maksimal empat pemain jika tidak mau terlalu lama menunggu giliran. Akhir kata, Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih banyak kepada FeiraTochi yang telah memberikan review copy EMISI.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!