Kabar Game Ngobrol Game

Menilik EXIT: The Game, Peraih Game Ahli Terbaik Tahun 2017 dan Seri Terbarunya

Bagikan:

Pembaca kemarin sudah baca kan, soal diumumkannya board game terbaik untuk tahun ini?. Yup! board game berjudul EXIT: The Game ini berhasil dinobatkan sebagai peraih Kennerspiel des Jahres 2017 (Expert Game of the Year – Game Ahli Terbaik).

Baca juga: Ini Dia! Board Game Terbaik Tahun 2017 Akhirnya Diumumkan

EXIT: The Game awal dirilis oleh THAMES & KOSMOS pada bulan Septermber 2016. EXIT pertama kali hadir dalam bahasa Jerman dan langsung keluar dalam tiga seri, yaitu: The Secret LabThe Abandoned CabinThe Pharaoh’s Tomb.

Bagi kamu yang belum tahu, EXIT mengadopsi cara kerja sebuah escape room di mana kamu (dan beberapa temanmu) terjebak di suatu ruangan dan diharuskan menyelesaikan serangkaian teka-teki atau puzzle sebelum waktu habis untuk bisa keluar dari ruangan tersebut.

EXIT Game Ahli
EXIT: The Game – The Secret Lab | Gambar: polyhedroncollider.com

Dalam escape room yang sesungguhnya, biasanya para pemain akan terlibat langsung dengan aktivitas fisik entah itu merangkak, memanjat, menekan tombol atau memasukkan kunci ke pintu. Nah! dalam EXIT tentu kamu tidak akan merasakan pengalaman itu. Hanya saja kamu akan tetap bisa merasakan serunya memecahkan rangkaian puzzle yang tersedia dalam setiap seri permainan EXIT.

Seri-seri EXIT di atas memiliki cerita atau narasi tersendiri. Misalnya, dalam The Abandoned Cabin ceritanya pemain menggunakan kabin sebagai shelter untuk bermalam. Namun, pagi harinya ternyata pintu keluar dikunci dengan kombinasi angka. Tak ada yang tahu kombinasi tersebut. Jendela terhalang jeruji yang tak memungkinkan untuk keluar. Hanya tersedia sebuah buku misterius dan sebuah penyetel kode. Jadi tugas pemain adalah harus bisa memecahkan kombinasi dengan penyetel kode tersebut.

 

Komponen | Gambar: boardgamegeek.com

Boleh dibilang, para pemain dituntut mencari jawaban dari teka-teki yang disediakan dalam game menggunakan buku misterius yang tadi disebutkan sebagai panduan. Setiap seri EXIT juga dilengkapi dengan satu dek kartu yang berisi kartu riddle, kartu jawaban, dan kartu bantuan. Penyetel kode berfungsi sebagai alat untuk memecahkan puzzle. Jika kamu menyetelnya (memutar) dengan benar akan terlihat sebuah angka. Kamu perlu membuka kartu dengan angka tersebut dan dapatkan petunjuk berikutnya.

Sang game designer, yaitu pasangan Inka dan Markus Brand nampaknya tidak berhenti mengembangkan EXIT sampai situ saja. Mereka kembali membuat trilogi EXIT terbaru dan sudah rilis dalam bahasa Jerman pada bulan Mei tahun ini.

Trilogi terbaru ini berjudul: The Forbidden CastleThe Forgotten IslandThe Polar Station. Mungkin kamu sudah bisa menebak narasinya bahwa kamu akan terkurung dalam suatu benteng, terdampar di sebuah pulau dan terjebak di dalam ruang riset. Kamu haru menyelesaikan teka-teki yang menantang agar tidak dieksekusi oleh raja, kelaparan atau mati kedinginan.

Ketiga seri ini akan dirilis dalam bahasa inggris pada bulan Oktober mendatang. Oiya, satu hal yang perlu kamu tahu, setiap seri dari EXIT hanya bisa dimainakan satu kali saja. Selain karena kamu sudah tahu jawabannya atau cara memecahkan teka-tekinya tapi juga karena beberapa komponen dalam EXIT perlu kamu sobek, kamu tekuk dan dibentuk untuk menjadi suatu bidang.

Trilogi EXIT terbaru | Gambar: brettspiel-news.de

Satu seri Exit dihargai sekitar 300 ribu rupiah. Jika kamu mau memainkan bersama lima temanmu yang lain, per orangnya cukup urun dana sebesar 50 ribu rupiah. Lebih murah daripada kamu harus datang dan bermain escape room sungguhan bukan?

Satu seri EXIT bisa dimainkan untuk 1-6 pemain berusia 12 tahun ke atas dan satu sesi bisa selesai dalam waktu maksimal 90 menit. Jadi, sudahkan kamu mencoba bermain EXIT? Mau berbagi pengalaman bermainmu di kolom komentar?

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!