Kabar Game Opini

The Game: Face to Face – Habiskan Dek Secepat Mungkin [Review]

Bagikan:

Kamu dan seorang temanmu sedang menunggu rombongan temanmu yang lain. Daripada gak jelas menunggu kapan mereka datang dan malah disibukkan dengan gawainya masing-masing , lebih seru kalau waktu diisi dengan main board game.

Lalu, board game apa yang seru dimainkan jika hanya berdua dan memakan tidak waktu lama? Boardgame.id menyarankan untuk main The Game: Face to Face saja.

The Game Face to Face components

Penasaran dengan cara main dan apa hal yang menarik dari game ini? Ikuti saja ulasannya berikut ini.

Impresi Awal

The Game Face to Face sebenarnya merupakan seri lain dari The Game karya Steffen Benndorf (Qwixx). Kali ini ia dibantu oleh Reinhard Staupe (Havana; Edel, Stein & Reich) dalam menciptakan The Game: Face to Face .

Sebagai informasi saja, The Game seri original dirancang untuk dimainkan antara 2-4 pemain dengan gameplay kooperatif.

Jelas, yang menarik perhatian saya adalah perubahannya. Perubahan sebuah game yang awalnya kooperatif menjadi kompetitif. Subjudul “Face to Face” juga memberi kesan permainan duel ini akan berlangsung ketat dan intens.

Cara Bermain

Di awal permainan satu pemain akan menerima dek warna oranye berisi 60 kartu, lawan akan mendapat dek serupa dengan warna abu-abu.

Pertama kedua pemain meletakkan kartu berangka “1 > 59” dan “2 < 60” di depannya dan menyisakan angka 2 sampai dengan 59 di dek kartu masing-masing. Kocok dek masing-masing, lalu mereka mengambil enam kartu ke tangan dari dek masing-masing.

Giliran berjalan bergantian. Setiap giliran memiliki dua pilihan ke mana ia boleh memainkan kartu dua (minimal) atau lebih dari tangannya ke:

  • Areamu sendiri: Pemain boleh memainkan kartu di tangannya dan meletakkannya di slot kartu “1 > 59” atau “2 < 60”.Untuk memainkan kartu di slot “1 > 59”, pemain harus memainkan angka kartu yang lebih besar dari angka “1” atau lebih besar dari kartu angka yang terakhir dimainkan di slot ini. Dan sebaliknya jika ingin memainkan di slot “2 < 60”
  • Area lawan: Syarat untuk memainkan kartu di area lawan, ialah kamu harus membantunya. Aturan ini berkebalikan ketika memainkan kartu di areamu sendiri. Artinya, kamu harus memperkecil angka di slot “1 > 59” atau memperbesar angka di slot “2 < 60”.

Pemain yang dek dan kartu di tangannya habis lebih dulu akan menjadi pemenang.

Impresi Akhir

Dari segi kualitas, kartu-kartu The Game: Face to Face hadir dengan ukuran euro size dan dicetak dengan lapisan linen. Sangat enak dipegang apalagi selama permainan pemain akan memegang setidaknya enam kartu.

Lalu, box-nya yang kecil membuatnya mudah dibawa ke mana-mana dan bisa dikeluarkan untuk dimainkan kapan pun jika dibutuhkan. Dan lagi, area yang digunakan untuk bermain sangat minimal, tidak memerlukan meja yang lebar. Apa lagi komponennya hanya 2×60 kartu saja.

Edisi duel ini tidak ada hubungannya dengan seri original, kamu tidak diharuskan pernah memainkan seri The Game yang terdahulu untuk main edisi Face to Face ini.

Di awal permainan, membantu lawan (memainkan kartu di area lawan) mungkin akan terasa berat. Ada rasa khawatir jika dibantu, lawan akan bisa menghabiskan kartu-kartunya lebih cepat. Akan tetapi aksi membantu lawan ini justru krusial jika kamu tidak melakukannya.

Ingat, tujuan permainan ini adalah secepat mungkin menghabiskan dek kartu. Nah! di akhir giliran, kamu hanya akan mengambil dua kartu baru kalau tidak membantu lawan meskipun kamu menghabiskan seluruh kartu yang kamu pegang di tangan.

Tapi kalau kamu membantu lawan, kamu akan mengambil kartu baru sampai ada total enam kartu lagi di tangan. Jadi, kartu angka berapa yang akan kamu berikan untuk lawan itu bagian dari taktik dan strategimu. Jangan lupa pemain hanya boleh membantu lawan maksimal satu kartu saja per giliran.

Aturan memainkan minimal dua kartu juga harus diwaspadai. Jika ada pemain yang tidak bisa memainkan dua kartu di gilirannya, dia dianggap kalah.

Meskipun kotaknya kecil, The Game: Face to Face cukup membuat otakmu panas untuk berpikir dengan matang. Durasi permainan yang berlangsung sekitar 10-20 menit tiap sesi juga cukup. Ya tidak sampai membuat pikiranmu lelah sih.

Butuh permainan yang seru untuk dimainkan berdua? dengan durasi yang cukup untuk menunggu hujan reda, menunggu teman-teman untuk berkumpul atau menunggu kedatangan kereta dan juga pesawat? Coba saja mainkan The Game: Face to Face.

Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Nürnberger-Spielkarten-Verlag yang telah memberikan review copy The Game: Face to Face.

Baca juga:

Evolution: Bertahan Hidup, Beradaptasi dan Berevolusi Mungkin kamu kerap menonton bagaimana hewan-hewan liar bertahan hidup di Discovery Channel. Cara mereka mencari makan dan menghindari predator kadang ...
Kingdomino: Bangun Kerajaan Lewat Board Game Bergaya Domino Zaman Now Agustus lalu menjadi bulan yang cukup dinantikan oleh para penggemar board game di seluruh dunia. Kala itu pengumuman peraih Spiel des Jahres 2017 tel...
Nusfjord : Daya Pikat Bahari Norwegia Masa Lalu Dalam era boardgame modern, objek apapun akan menarik jika bersanding dengan desain yang tepat. Inilah yang terjadi pada sebuah desa, yang kini menari...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!