Event Komunitas

GAMEBOX Exhibition, Pameran Board Game Pertama di Salatiga

Bagikan:

Kalian tentu mengenal permainan Monopoli dan Ular Tangga, bukan? Permainan tersebut merupakan dua contoh board game yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Apakah kalian tahu bahwa ternyata ada begitu banyak board games di dunia selain dua permainan di atas?

Tak dapat dipungkiri bahwa digital games jauh lebih populer dibandingkan dengan board game untuk saat ini. Namun, belakangan ini jumlah penggemar board games juga terus bertambah dan menyebabkan munculnya begitu banyak komunitas penyuka board games.

Komunitas GameDev Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga adalah salah satunya. Sudah satu tahun komunitas ini memfokuskan diri pada board games, baik bersama-sama bermain board game yang sudah ada di pasaran ataupun mencoba membuat board game itu sendiri, dan hal inilah awal mula tercetusnya sebuah ide untuk mengadakan pameran board game.

Suasana GAMEBOX Exhibition hari pertama
Suasana hari pertama | Foto: GAMEBOX Exhibition
GAMEBOX Exhibition
Suasana hari ketiga | Foto: GAMEBOX Exhibition

Selama kurang lebih 3 bulan, komunitas GameDev mempersiapkan pameran board game pertama yang dilaksanakan di Salatiga. Berlokasi di Lobby Kantor Fakultas Teknologi Informasi UKSW Salatiga, sebuah pameran board game yang bertajuk “GAMEBOX Exhibition: Warung Games” telah diadakan pada tanggal 30 Mei 2016 hingga 1 Juni 2016 lalu, yang diketuai oleh Yovita Febriana.

“Kami ingin mempopulerkan board games pada masyarakat umum, selain memperkenalkan diri kami sebagai komunitas FTI GameDev. Total 23 Board Games yang dipamerkan juga merupakan hasil karya kami sendiri.” Tutur Ovie, panggilan akrab Yovita.

Selama tiga hari, GAMEBOX Exhibition berhasil mengubah tampilan Kantor Fakultas menjadi sebuah pameran board game dengan konsep warung. Setiap pengunjung yang datang dilayani oleh para panitia yang mengenakan celemek dan membawa buku menu. Pengunjung datang, memilih dan memesan menu judul-judul board game yang ada, kemudian panitia dengan segera mengantarkan  game yang mereka pilih lalu mengajari dan menemani mereka bermain. Dekorasi ruangan juga didesain sedemikian rupa guna menonjolkan kesan warung tersebut.

Pemenang Lomba Ular Tangga GAMEBOX Exhibition
Para pemenang Lomba Ular Tangga | Foto: GAMEBOX Exhibition

Tidak hanya bermain board game saja, para pengunjung juga diberikan kesempatan untuk melawan Game Master. Siapapun yang berhasil mengalahkan Game Master, namanya akan masuk dalam Hall of Fame dan mendapatkan merchandise gratis. Selain itu, di lokasi pameran juga disediakan photobooth dengan berbagai aksesoris foto menarik. Tiga posisi teratas di Hall of Fame berhak mengikuti Lomba Ular Tangga di hari terakhir dan mendapatkan tropi.

Acara ini tidak memungut biaya apapun dari pengunjung. Dan kabar gembiranya adalah acara ini akan diadakan oleh FTI GameDev setiap tahunnya. Jadi, sabar dulu, ya, sampai jumpa di tahun 2017. Untuk dokumentasi lengkap acara ini bisa dilihat langsung melalui Fanpage Game Box di Facebook.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!