go-board-game
Kabar Game

Google AI (Artificial Intellegence) Mengalahkan Juara Board Game GO

Bagikan:

Jika anda berpikir manusia adalah mahluk yang paling cerdas di dunia, bisa jadi anda salah! Sebab, satu komputer Google AI DeepMind dapat mengalahkan juara Board Game GO.

GO adalah sebuah board game yang dimana para pemainnya menaruh sebuah bidak berbentuk seperti butiran biji berwarna putih dan hitam, di atas papan berukuran 19×19. Dalam GO ini, setiap pemain harus bisa mengeluarkan bidak musuh dari papan. Semakin banyak bidak di papan, maka dialah yang menang.

Untuk ukuran komputer, menguasai permainan GO adalah sesuatu yang sangat sulit. Sebab akan banyak sekali kemungkinan langkah yang bisa memungkinkan menang. Berbeda dengan catur yang kini telah bisa dikuasai oleh komputer.

Software yang dirilis Google DeepMind yang memiliki codename AlphaGO, justru bisa mengalahkan sang juara GO Eropa, dengan skor 5-0 untuk sang komputer. Ini adalah pertama kalinya komputer dapat mengalahkan sang juara board game dunia, setelah lebih dari 1 dekade komputer Deep Blue dapat mengalahkan Gary Kasparov, GrandMaster catur dunia.

Kamu dapat menyaksikan video mengenai AlphaGo, sang AI juara GO.

Baca juga:

Tak Punya Lagi Lawan Sepadan, AlphaGo Akhirnya Pensiun Kalau kamu kelewat jago dalam memainkan suatu permainan dan tak lagi punya lawan untuk bertanding karena kamu selalu menang, apa yang akan kamu lakuka...
Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.