Kabar Game

Hearthstone Berhasil Meraih 20 Juta USD Perbulannya

Bagikan:

Collectible card game, ternyata masih sangat populer di kalangan umum. Terlebih di zaman sekarang, bentuknya bisa digital membuat mudahnya akses para pemainnya untuk bisa memainkannya.

Blizzard membuktikannya dengan game andalan mereka Hearthstone, sebuah digital collectible card game yang diperuntukkan mobile. Berdasarkan laporan yang dirilis oleh SuperData, yang mengatakan Hearthstone dari Blizzard akan memimpin pasar digital card game dengan jumlah pendapatan sebesar 1,3 miliar tahun ini.

Banyaknya pengguna gadget mobile memiliki pengaruh besar dari suksesnya Hearthstone. Setelah Hearthstone dirilis versi Android-nya bulan April 2015 kemarin, pendapatan Hearthstone langsung melesat naik. SuperData mengatakan bahwa Hearthstone rata-rata mendapatkan pendapatan sebesar 20 juta USD perbulannya, dari para pemain yang memainkan baik di platform PC maupun mobile.

SuperData meramalkan bahwa platform smartphone akan menjadi platform dengan pasar Digital card game terbanyak dengan jumlah pendapatan pasar sebesar 532 juta USD di tahun depan. Menariknya, para pemain yang menggunakan smartphone justru lebih sebentar untuk memainkan digital card game, dibanding para pengguna PC maupun tablet. Meskipun begitu, smartphone adalah platform dengan pertumbuhan pasar tercepat untuk digital card game. Hal ini diungkapkan oleh SuperData karena para pengguna smartphone tetap memainkan di PC atau tablet ketika sedang diam, dan menggunakan smartphone ketika sedang mobile.

Sebelum collectible card game versi digital populer, telah lama populer collectible card game versi fisik. Berkembangnya zaman bisa saja menjadikan versi digital lebih populer karena mudahnya akses untuk bermain serta membeli paket kartu. Meskipun begitu, bukan berarti pasar card game versi fisik akan mati, sebab ada hal yang tidak bisa tergantikan di versi digital, yaitu bermain langsung bersama teman tanpa harus menggunakan koneksi internet.

Ada yang hobi memainkan collectible card game? Yuk share!

Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.