Event

Ayo Cari Tahu Bagaimana Industri Kreatif Melirik Potensi Board Game dalam Acara “Dolan Dolen” dari Kreavi

Bagikan:

Board game bisa dibilang sedang naik daun sedari dua-tiga tahun belakangan ini. Banyak tempat-tempat umum yang menyediakan board game agar dimainkan para pengunjung. Bahkan sekarang sudah mulai bermunculan tempat yang mendedikasikan lahan mereka secara khusus sebagai tempat bermain board game.

Artinya, board game makin diminati layaknya ayam geprek atau es kepal yang tiba-tiba menjamur. Mereka muncul di mana-mana karena masyarakat menikmatinya. Tentu ada perbedaan antara jualan ayam geprek dengan board game. Banyak pedagang menjual ayam geprek karena mereka tahu produk mereka akan laku. Sedangkan board game?

Ada apa dengan board game? Padahal kita tahu board game bisa mendekatkan kembali interaksi sosial dengan sesama disela-sela munculnya gadget super canggih yang membuat kita menunduk setiap hari. Untuk keluarga yang sibuk, board game bisa menjadi obat untuk mengisi quality time di akhir pekan. Board game juga bisa menjadi media yang memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi para pendidik dan murid-muridnya.

Lalu, kenapa board game masih juga belum sepopuler ayam geprek? Apakah karena industri kreatif belum sepenuh hati melirik board game sebagai karya yang dapat berguna dan dinikmati masyarakat pada umumnya?

Hari Sabtu, tanggal 12 Mei 2018 akan menjadi kesempatanmu untuk mendapatkan jawaban di atas karena teman-teman dari Kreavi akan menggelar Kumpul Kreavi 36: Dolan-Dolen. Sebuah acara yang mengangkat tema “Gawe Dolanan Yuk!” yang akan membahas potensi dari board games yang mulai berkembang pesat sejak tahun 2015 lalu.

Akan ada pembicara-pembicara dari industri kreatif seperti animasi, komik dan tentu saja board game yang akan mengisi acara tersebut dan bagaimana tanggapan mereka soal industri board game kaitannya dengan bidang yang mereka tekuni.

Ada Dennis Adhiswara, Founder dari Layaria. Founder Homimpa Games, yaitu Erwin Skripsiadi. Sweta Kartika, komikus serta pendiri Padepokan Ragasukma. Andi Martin, pencetus Kratoon Channel. Lolo Biru, penggagas Supermoon Comics. Lalu ada Anto Motulz, Creative Advisor dari Kreavi. Kemudian Yansen Kamto dan Rachmiadi dari KIBAR.

Acara akan dimulai dari pukul 09.00 – 20.00 WIB dan bertempat di De Tjolomadoe, Jalan Malangjiwan, Colomadu, Solo – Jawa Tengah. Selain bisa mengorek ilmu lewat berbagai bincang-bincang dari praktisi-praktisi di atas, kabarnya mas Gibran Rakabuming juga akan berkesempatan hadir sebagai bintang tamu yang juga akan berbagi pengalaman saat turun langsung ke industri board game bersama Hompimpa Games.

Oh iya, di Kumpul Kreavi ke-36 ini Hompimpa Games juga membuka kelas game design untuk board game lho? Kelas akan dimulai dari jam 1 siang dengan jumlah kursi yang terbatas.

Tertarik dengan rangkaian acara di atas? Acaranya gratis kok. Yuk! segera daftarkan dirimu ke acara Dolan Dolen dari Kreavi lewat tautan berikut: http://bit.ly/kumpulkreavi36

Baca juga:

Behind the Scene, Potret Kesuksesan Board Game Asli Indonesia Memikat Pengunjung Pameran Board Game ... Senang, gembira sekaligus bangga menyelimuti tim Indonesia yang berangkat ke Jerman untuk mengikuti SPIEL'17. Bagaimana tidak, mereka terbang ke Jerma...
10 Tips Merancang Board Game dari Perancang Viticulture, Scythe & Charterstone Hal yang mungkin paling membuatmu bingung kalau kamu berniat merancang sebuah game adalah mulainya dari mana. Apakah perlu melakukan riset khusus terh...
Kaleidoskop: 17 Board Game Indonesia yang Dirilis Tahun 2017 Sepak terjang industri board game Indonesia semakin hari memang semakin matang. Tak lupa kehadiran Indonesia di pameran board game internasional sekel...
Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!