age-of-board-gameindustry
Kabar Game

Investasi Industri Game Turun 81% Semenjak Ekonomi Dunia Memburuk

Bagikan:

Semenjak akhir tahun 2015, memang ekonomi dunia dalam kondisi sangat buruk. Kondisi tersebut bisa dilihat dari turunnya harga bahan bakar, yang menandakan bahwa tingkat produksi dunia sedang menurun.

Ternyata buruknya ekonomi dunia juga memberi pengaruh kepada industri game. Dilaporkan dari Digi-capital, total investasi dalam industri game, baik dalam bentuk merger & akuisisi, hingga IPO, menurun drastis hingga di bawah 5 juta USD di tahun 2015. Nilai investasi dalam industri game menurun sebesar 81% dibanding tahun sebelumnya.

Digi-Capital-Games-Deals
image: digi-capital

Revenue Industri Game Tetap Akan Bertumbuh

Hal yang menarik, revenue dalam industri game diperkirakan akan tetap meningkat, meskipun dengan nilai yang tidak besar, yaitu 7% dari tahun 2016 hingga 2020 nanti. Selain mobile dan MMO/MOBA, platform VR (Virtual Reality) juga diperkirakan akan menjadi salah satu penyumbang revenue yang besar pula, diikuti PC hingga e-sports.

Digi-Capital-Games-Sector-Share-2015-2020
image: digi-capital

Memburuknya ekonomi dunia, memang sangat dikhawatirkan oleh para pihak pebisnis. Meskipun begitu, kita tetap perlu optimis. Perkiraan tumbuhnya revenue meskipun dengan angka yang tidak terlalu signifikan, menandakan bahwa industri game tetap akan bisa survive, meskipun ekonomi dunia sedang tidak baik.

 

sumber: Nubigames

Bagikan:
Rizal Ziz
Seorang lulusan S1 yang sedang mengambil studi lanjut pascasarjana, memiliki hobi dan pengalaman di dunia gaming. Suka juga mengutarakan pikiran melalui tulisan.