Headline Komunitas Pendidikan

Muda-Mudi Ini Giat Kampanyekan Perdamaian Lewat Sekotak Board Game, Lho!

Bagikan:

Boardgame.id sering kali menyampaikan potensi-potensi positif yang dimiliki board game. Selain merupakan media permainan yang seru dan mampu mendekatkan kembali orang-orang di sekitar kita, ternyata masih banyak hal-hal positif yang didapat dari bermain board game.

Sebut saja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hingga saat ini mereka telah memiliki lebih dari 10 judul board game yang mengkampanyekan anti korupsi. Board game dari Hompimpa Games dan Manikmaya Games juga secara tidak langsung mengangkat keragaman budaya dan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Nah, ada lagi nih yang menarik. Sebuah organisasi non profit yang memanggil dirinya Peace Generation tengah menjalankan sebuah program yang dicanangkan untuk bisa mengumandangkan bahwa perdamaian itu penting. Alih-alih menggunakan cara monoton, organisasi yang bermarkas di Bandung ini melakukan terobosan yaitu mengkampanyekan perdamaian lewat board game. Penasaran kan? Yuk mari ulik lebih lanjut.

Baca juga: Board Game Asli Indonesia Laku Keras di Jerman

Program yang dimaksud di atas ternyata adalah Board Game for Peace (BGFP). Yup, bahkan kata ‘board game’ jelas tersirat dari nama di program ini. Tujuan dari BGFP ini adalah untuk melahirkan generasi-generasi mudah yang mereka sebut Agen Perdamaian yang mampu menyampaikan nilai nilai perdamaian ✅dan menyebarkan perdamaian melalui permainan (board game).

Kampanye BGFP akan berlangsung di lima kota, yaitu Bandung (Oktober 2017), Solo (November 2017), Surabaya (Desember 2017), Makassar dan Padang (Januari 2018). Akan ada seleksi calon Agen Perdamaian di setiap kota. Nantinya 60 siswa SMA dan juga Mahasiswa yang terpilih lewat seleksi akan menjalani masa pelatihan selama dua hari.

Sabtu 28 Oktober lalu, Boardgame.id berkesempatan mengikuti dan menyaksikan langsung proses pelatihan Agen Perdamainan di Kota Bandung. Board game perdamainan yang dirancang dari hasil kolaborasi Peace Generation dan Kummara Studio yang berjudul Galaxy Obscurio secara khusus akan dimanfaatkan di sesi pelatihan tersebut.

Di sesi pagi para calon Agen Perdamainan diminta untuk menjajal Galaxy Obscurio. Permainan ini bercerita tentang lima makhluk luar angkasa yang hidup di enam planet berbeda. Tugas pemain adalah melestarikan seisi planet. Pemain yang planetnya memiliki poin terbanyak akan menjadi pemenangnya. Namun, sebuah virus tiba-tiba muncul dan menyerang sebuah planet yang awalnya damai, tentram dan sejahtera.

Virus ini mampu meracuni pikiran makhluk hidup di sana dan mampu menebarkan kebencian dan bisa merusak segala tatanan kehidupan planet yang damai. Masalahnya virus ini bisa menyebar dari satu planet ke planet lainnya.
Dan membuat satu planet dengan planet lainnya tidak bisa berkomunikasi. Mampukah pemain tetap bisa melestarikan planetnya dan menjadi satu-satunya planet paling unggul sejagat raya?

Itulah tantang yang harus dilalui para calon Agen Perdamaian. Usai bermain dengan teman di kelompoknya mereka kemudian ditantang untuk mengajak orang-orang baru (yang kebanyakan tidak dikenal) untuk bermain board game perdamainan ini. Ya! hanya dengan mengajak orang memainkan Galaxy Obscurio, sedikit demi sedikit, setidaknya semua permain yang terlibat akan merasakan bahwa perdamaian itu penting.

Buat kamu yang di Solo, Surabaya, Padang dan Makassar ayo gabung!

Di akhir sesi pelatihan, para peserta akan diberi tantangan tingkat lanjut. Tiga tim yang paling aktif menyelesaikan tantangan terakhir ini nantinya akan berkesempatan mendapatkan beasiswa dengan total Rp22,5 juta.

Wah, ternyata board game juga bisa dipakai untuk menyuarakan perdamainan ya! Buat kamu yang masih duduk di bangku SMA kelas IX atau sederajat, dan juga Mahasiswa. Yuk daftarkan dirimu di kota-kota terdekat untuk mengikuti program Board game for Peace ini.

Informasi selengkapnya untuk pendaftaran kunjungi: Registrasi Board Game for Peace

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!