Event Headline

Ayo Belajar Membuat Game Tentang Bebas Sampah Lewat Kelas Game Design dari Ludenara

Bagikan:

Hits: 8

Pada tahun 2013, sampah non-organik berjumlah 40 persen dari keseluruhan sampah. “Pada 2017, jumlah sampah non-organik meningkat menjadi 43 persen, sedangkan 57 persen lainnya merupakan sampah organik.” jelas Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian LHK Sudirman yang dilansir oleh CNN Indonesia.

Krisis ini memerlukan keterlibatan dari banyak pihak. Oleh karena itu Kummara Game Design Studio, Coral Triangle Center (CTC) dan Ludenara bekerja sama untuk menekan isu di atas melalui kegiatan bernama “Kelas Game Design: Bebas Sampah”. Harapannya, kelas game design ini dapat meningkatkan kepedulian dan keterlibatan berbagai pihak terhadap isu sampah.

kelas game design bebas sampahKelas Game Design ini akan dilangsungkan selama dua hari pada tanggal 11-12 Agustus 2018 (Sabtu & Minggu). Kelas akan mengambil tempat di Center for Marine Conservation, Jalan Betngandang II, 88-89, Br. Semawang, Sanur, Denpasar, Bali.

Dalam dua hari, kelas akan dibagi menjadi dua sesi. Keseluruhan sesi dioptimalkan untuk memotivasi setiap peserta dalam menggali berbagai isu lingkungan dan mengembangkannya ke dalam bentuk satu game yang menarik. Dasar-dasar proses game design menjadi katalisator untuk memberikan kemampuan eksplorasi serta pendalaman bagi setiap peserta.

Sesi hari pertama mengajak peserta untuk sama-sama mempelajari isu-isu lingkungan hidup dan potensi game sebagai media pembelajaran (game-based learning) serta mendapatkan tantangan dengan tema “Bebas Sampah”. Sedangkan di hari kedua peserta akan mempertajam konsep dan ide game mereka, lalu membangun purwa rupa dengan teknik rapid prototyping. Peserta juga akan saling mencoba hasil karya peserta lainnya.

Eko Nugroho, CEO/Lead Game Designer Kummara & Game-Based Learning Expert dan Rili Djohani, Executive Director Coral Triangle Center & Marine Conservation Expert yang akan langsung menjadi narasumber untuk kelas dua hari di atas.

Tertarik? Kamu bisa menyiapkan dana Rp750.000 untuk biaya pendaftaran. Kalau kamu mendaftar sebelum tanggal 6 Agustus, tiket bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah yakni Rp550.000 saja. Untuk pendaftaran kunjungi website Ludenara berikut ini: http://ludenara.org/game-based-learning-in-environmental-conservation/

Informasi lebih lanjut kamu bisa langsung hubungi Novie dari Ludenara di 0858-14488-298

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!