Kabar Industri Pendidikan

Kemendikbud Rayakan Hardiknas Dengan Bermain Board Game Bersama KPK

Bagikan:

Seperti yang sudah diketahui, tanggal 2 Mei ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Tanggal tersebut ditetapkan bertepatan dengan tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Momen Hardiknas ternyata dimanfaatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menggelar pelatihan tunas integritas bagi siswa-siswi bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Fungsional Kedibutian Pencegahan Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Dony Mariantono mengatakan, bahwa KPK sangat partisipasi dalam rangka kegiatan Hardiknas ini dengan tema “Percepat Pendidikan yang merata dan berkualitas”.

hardiknas terajana1
Board game KPK di acara Puncak Pesta Pendidikan | Foto: Tim ACLC KPK

“Sebenarnya dalam kegiatan Hardiknas ini, dengan tema Percepat Pendidikan yang merata dan berkualitas, di Undang-Undang KPK juga diamanatkan kami mempunyai tugas untuk mensosialisasi tentang pencegahan korupsi di usia dini maupun level kami di sini,” ujar Dony dalam perayaan Puncak Pesta Pendidikan di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Selasa (2/5).‎

“Kami mencoba pembelajaran anti korupsi kita melakukan pendekan dan pembelajaran mudah dan menyenangkan tentunya karena kita segmennya usia dini dengan SD, SMP, SMA, SMK, kebetulan hari ini kita membawa permainan terajana yang merupakan empat dari tujuh board game purwarupa yang dikembangkan oleh Ani-Corruption Learning Center (ACLC),” lanjutnya.

Baca juga: Pesta Boardgame Bandung 2017, Ajarkan Antikorupsi Lewat Sekotak Board Game

Dony menyampaikan, di dalam board game buatan ACLC atau Pusat Edukasi Antikorupsi KPK tergantung nilai-nilai untuk menanamkan karekter seperti kejujuran, keadilan, kemandirian, sportifitas. “Nah ini sebenarnya kita ajarkan kepada adik-adik ini, tentang penerapan anti korupsi,” ujarnya.

Menurut Dony, sosialisasi pencegahan korupsi diusia dini KPK sudah beberapa kali kedaerah-daerah seperti Bandung Jawa Barat dan Malang Jawa Timur.

“Kami sudah sosialisasi kedaerah-daerah seperti ke Bandung Jawa Barat pernah dilakukan juga di Malang, dan banyak lagi daerah-daerah yang sudah kami datangi, untuk medianya pecegahan anti korupsi bisa macam-macam kita lakukan, sekarang dengan permainan, tentunya kita tidak selesai disini, tentu ada materi-meteri yang lebih dalam biar lebih tahu tentang anti korupsi,” ucapnya.

hardiknas terajana
Siswa-siswi menjajal bermain board game Terajana | Foto: Tim ACLC KPK

Puncak acara Pesta Pendidikan 2017 bertepatan dengan Hardiknas. Acara PlayDay dengan bermain Board Game Anti Korupsi dari KPK menjadi bagian dari salah satu acara. Sebelumnya, perwakilan para pelajar SD-SMA/SMK sebanyak 25 orang dilatih menjadi fasilitator board game.

Peserta yang baru pertama kali bermain board game PDKT dan Terajana, sangat cepat belajar dan terlihat menikmati permainan, bahkan mereka meminta dilakukan improvisasi dr aturan main agar permainan lebih menyenangkan dan menantang tanpa mengesampingkan esensi dari permainan.

Baca juga: [Video] Belajar Anti Korupsi Lewat Board Game KPK di Pesta Pendidikan

Mari berikan tepuk tangan untuk teman-teman KPK yang dengan gigih menyebarkan semangat anti-korupsi melalui media yang menyenangkan seperti board game. Selamat Hari Pendidikan Nasional seluruh warga Indonesia.

Sumber: Merdeka.com

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung. Nice to meet you!