Kabar Game

[Kickstarter Corner] GROWL: Bermain Werewolf Gaya Baru, Tanpa Harus Ada Moderator!

Bagikan:

Hits: 1

Sebagian besar pembaca boardgame.id pasti pernah memainkan game berjudul Werewolf, ya kan? Sebuah game social deduction di mana terdapat dua belah kudu, yaitu warga dan serigala jadi-jadian. Permaian ini cepat digemari muda-mudi karena banyak hal-hal yang boleh dilakukan saat bermain game ini seperti menuduh, menipu ataupun berpura-pura.

Masalahnya, ketika bermain werewolf kalian memerlukan seorang moderator. Tapi bagaimana kalau kamu bisa merasakan sensasi bermain werewolf tanpa kehadiran moderator dan tanpa adanya sistem voting? Jawabannya mungkin bisa kamu temukan dalam card game berjudul GROWL.

GROWL

Dirilis oleh Vigour Inc., GROWL juga mengusung konsep yang sama, siapa yang berhasil bertahan hidup hingga akhir permainan: manusia atau werewolf. Uniknya, pemain yang menjadi karakter manusia bisa berubah menjadi werewolf, namun werewolf selamanya akan tetap menjadi werewolf.

Misinya sederhana, jika masih ada minimal satu saja manusia yang masih hidup maka tim manusia (termasuk yang sudah mati menang. Akan tetapi bila semua yang tersisa adalah werewolf maka merekalah yang akan memenangkan permainan.

Cara bermainnya tentu agak berbeda dengan werewolf meskipun ada fase siang dan malam. GROWL dimainkan dengan satu tumpuk kartu yang terbuka di tengah permainan. Setiap giliran secara bergantian pemain harus mengambil dan memberikan kartu dari tumpukan paling atas ke pemain lainnya. Fase siang selesai ketika muncul kartu malam (Night card) dari tumpukan.

Karena kartu paling atas terbuka, semua pemain bisa melihatnya. Artinya pemain lain boleh memberi saran, menghasut kepada siapa kartu tersebut harus diberikan, atau pemain juga boleh berargumen mengapa jangan dirinya yang diberi kartu.

Jika pemain mengumpulkan setidaknya 3 kartu gigian (Bite Card) maka ia seterusnya akan menjadi werewolf. Hati-hati, kalau pemain mendapatkan 3 kartu luka (Wound Card) ia terpaksa harus meninggalkan permainan. Tenang saja, ada kartu-kartu penangkal yang akan membuang efek dari kartu Bite atau Wound.

Tujuan saya dengan GROWL bukanlah untuk menggantikan Werewolf, One Night Werewolf, The Resistance atau Secret Hitler. Tujuan saya adalah untuk menciptakan sesuatu yang berbeda yang menjawab berbagai kekurangan dari social decuction game.” – Joey Vigour (Perancang gim Chaosmos dan GROWL)

Oleh karena itu GROWL dirancang sedemikian rupa untuk bisa dimainkan tanpa menggunakan aplikasi, dan moderator. Selain itu satu sesi permainan bisa diselesai hanya dalam waktu 15 menit berapapun jumlah pemainnya. GROWL diluncurkan lewat Kickstarter sedari 19 April lalu dan akan selesai tanggal 11 Mei mendatang dan telah mengumpulkan dana sebesar 1,5 Milyar Rupiah dari target awal 112 Juta Rupiah.

Masih ada kesempatan untuk mendukung dan memperoleh game ini, tersedia paket basic (untuk 4-7 pemain) dengan harga Rp224.000 dan paket howly growly (4-10 pemain) seharga Rp336.000. Semua paket tersebut adalah harga khusus kickstarter dan belum termasuk ongkos kirim dan pajak ke Indonesia (estimasi Rp200.000).

Kunjungi halaman Kickstarternya sekarang juga: https://www.kickstarter.com/projects/vigour/growl 

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!