Opini

Kingdomino: Bangun Kerajaan Lewat Board Game Bergaya Domino Zaman Now [Review]

Bagikan:

Agustus lalu menjadi bulan yang cukup dinantikan oleh para penggemar board game di seluruh dunia. Kala itu pengumuman peraih Spiel des Jahres 2017 telah diumumkan. Kingdomino keluar menyabet penghargaan termewah di industri board game.

Di Essen Spiel 2017 lalu, Boardgame.id berhasil mendapatkan Kingdomino dan membawanya pulang ke Indonesia. Tanpa basa-basi lagi, mari kupas tuntas board game terbaik tahun ini.

Impresi Awal

Nominasi Spiel des Jahres saja sudah selalu membuat saya penasaran, apalagi yang memenangkannya. Satu hal yang pasti, salah satu pertimbangan para juri dalam menentukan siapa peraih Spiel des Jahres adalah faktor family friendly. Permainan yang tidak terlalu kompleks dan ramah dimainkan bersama keluarga.

Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat saya makin penasaran. Bagaimana seorang Bruno Cathala (7 Wonders Duel, Five Tribes) berhasil menyulap domino menjadi permainan baru yang menyegarkan menjadi daya tarik utama dari Kingdomino.

Diterbitkan oleh Blue Orange Games, permainan ini bisa dimainkan 2-4 pemain dengan usia 8 tahun ke atas. Satu sesi permaianan bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit saja. Untuk ilustrasi, Cyril Bouquet berjasa mempercantik permainan ini dengan gambar yang cukup menawan dan penuh warna.

Cara Bermain

Aturan utama dari permainan ini adalah pemain harus memperluas wilayah kerajaan dengan maksimal petak seluas 5×5. Tujuannya, mendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan menghitung petak setiap wilayah yang kemudian dikalikan dengan jumlah mahkota dalam wilayah tersebut.

Misalnya pemain memiliki Ladang seluas 5 petak, di dalamnya terdapat dua simbol mahkota. Total poin untuk wilayah ladang ini adalah 10 (5 petak x 2 mahkota). Dengan kata lain, suatu wilayah seluas apapun tidak akan menghasilkan poin jika tidak ada simbol mahkota di dalamnya sama sekali.

Total ada 6 jenis wilayah: Ladang, Rumput, Rawa, Air, Hutan dan Tambang emas.

Cara mainnya sendiri sangat gampang. Setiap giliran, pemain akan meletakkan keping domino yang sudah dipilih dari putaran sebelumnya (atau pada saat persiapan). Menyambungkan keping ini ke kerajaan miliknya atau wilayah yang sudah ada. Setelah itu pemain harus memilih satu keping baru yang akan ia mainkan pada putaran berikutnya dengan meletakkan token Raja di atas kepingan yang dipilihnya.

Ya! permainannya memang sesederhana itu, setiap akhir putaran, keping domino baru akan dibuka sejumlah pemain yang ada. Lalu diurutkan dari nomor keping yang paling kecil. Pemain yang mengambil keping nomor terkecil akan memulai giliran dan bisa memilih keping domino berikutnya lebih dulu.

Impresi Akhir

Dari segi ukuran, Kingdomino tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Berbentuk persegi, permainan ini mudah dibawa kemana-mana. Ketika dibuka, kamu akan disambut buku petunjuk tebal yang berisi aturan main dalam delapan bahasa (hanya tiga halaman per bahasa).

Di bawahnya terdapat 48 keping domino yang tersusun rapi dalam tray (wadah) komponen yang tersedia. Keping domino dibuat dari greyboard yang cukup tebal, menjadikannya mudah diambil dan disusun. Token Raja terbuat dari kayu khas meeple berbentuk raja dengan yang memakai mahkota. Ya! dari segi kualitas komponen, Blue Orange Games telah menerbitkan game dengan kualitas papan atas.

Komponen permainan

Kingdomino jelas sebuah permainan dengan komposisi taktik dan keberuntungan yang seimbang. Terkadang, pemain harus mengambil domino yang kurang menguntungkan. Nah! Tinggal bagaimana cara pemain mengoptimasikan setiap keping yang ia peroleh untuk menjadi sumber poin. Itulah salah satu poin menarik menurut saya

Sistem penghitungan skor juga sederhana dan cerdik. Hanya perlu sedikit berlatih perkalian, oleh karena itu permainan ini juga cocok dimainkan bersama anak-anak (8 tahun ke atas). Ditambah lagi durasi permainannya yang cukup singkat. Pantas saja game ini berhasil meraih cap Spiel des Jahres 2017. Cyril Bouquet juga berhasil membawa suasana kerajaan dalam nuansa kartun yang memanjakan mata lewat ilustrasinya.

Cathala pun telah menyiapkan beberapa variasi aturan yang menambah keseruan permainan. Misalnya pemain akan mendapatkan tambahan lima poin jika tidak ada satu keping pun yang terbuang (komplit 5×5 petak) atau 10 poin bila berhasil menjaga kerajaanmu tetap di tengah.

Jangan khawatir bila kamu pikir game ini kurang seru jika hanya dimainkan berdua saja, ada variasi The Mighty Duel yang mengharuskan pemain membuat kerajaan seluas 7×7 petak. Hal ini membuat pemain lebih berhati-hati dalam mengembangkan kerajaannya.

Bagaimana? Kalau kamu mencari permainan yang aturannya mudah dimengerti, durasinya singkat, ada sedikit unsur puzzle dan ramah dimainakn bersama keluarga (dan anak-anak), Kingdomino mungkin cocok kamu miliki.

Akhir kata, Tim Boardgame.id mengucapkan terima kasih kepada Blue Orange Games yang telah memberikan review copy Kingdomino.

 

Bagikan:
vagansza

Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover who works on Manikmaya Games, board game publisher from Bandung.
Nice to meet you!