Komunitas Pendidikan

KPK dan Dompet Dhuafa Bersiap Sebarkan Semangat Anti Korupsi Lewat Board Game

Bagikan:

Nampaknya, kini sudah banyak yang percaya kalau board game tidak hanya menyenangkan ketika dimainkan tapi juga memberikan dampak positif. Setidaknya itulah yang dipercaya oleh rekan-rekan Komisi Pemberantasan Korupsi yang sedari awal tahun lalu sudah gencar menjalankan program penyuluhan anti korupsi menggunakan board game.

Dalam rangka menyambut hari anti korupsi internasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember besok. KPK pun menggandeng Dompet Dhuafa Jawa Barat untuk menggelar Pelatihan Penyuluh Anti Korupsi, di kantor Dompet Dhuafa Bandung, Rabu lalu (6/12).

Lewat pelatihan ini, para peserta dilatih untuk bisa menyebarkan sekaligus menanamkan nilai-nilai integritas kepada pelajar dan remaja melalui permainan papan (board game) antikorupsi yang dikembangkan oleh KPK divisi Pusat Edukasi Antikorupsi. Menariknya para peserta pelatihan ini beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa dan pegiat sosial.

penyuluhan board game kpk dompet dhuafa
Foto: voiceofjabar.com

“Dompet Dhuafa Jabar punya konsen yang kuat dalam anti korupsi karena kita menyadari bahwa korupsi ini relevan dengan kemiskinan. Jadi kita berfikir bahwa upaya mencegah korupsi di indonesia juga linear dengan upaya untuk menurunkan angka kemiskinan sehingga Dompet Dhuafa Jabar punya semangat untuk mengambil momentum hari anti korupsi nanti,” terang Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar, Udhi Tri Kurniawan kepada wartawan Voice of Jabar.

Ia juga menyampaikan optimismenya terhadap board game yang dipilih menjadi menu utama dalam pelatihan kali ini.

“Karena saya yakin korupsi tidak akan selesai dengan hanya penindakan tapi juga bisa dikurangi dengan cara pencegahan salah satunya lewat pendidikan. Jadi board game ini nanti akan kita sebar ke anak-anak dan pelajar di Bandung. Saya yakin metode ini efektif menanamkan nilai-nilai anti korupsi.” imbuhnya.

Yuk, mari kita beri dukungan untuk KPK dan juga Dompet Dhuafa Jabar, semoga perayaan hari anti korupsinya berjalan lancar dan penggunaan board gamenya tepat guna.

Bagikan:
vagansza
Editor of boardgame.id, board game enthusiast, and also a cheese lover. His favorite is Carcassonne. Nice to meet you!